Lihat ke Halaman Asli

Dinda Vania Maheswari

Mahasiswi yang sedang meperjuangkan nilai.

Pantai Watulawang, Pasir Putih dan Batu Karangnya yang Eksotis

Diperbarui: 15 Juni 2022   07:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: dokpri

Jogja lagi-lagi menjadi kota yang tak ada habisnya oleh wisata. Berbagai destinasi wisata di setiap sudut Jogja itu unik. Mulai dari wisata kuliner, wisata budaya, wisata pendidikan, wisata alam, hingga wisata religi. Ada yang mudah dijangkau karena berada di dekat pusat kota, dan ada juga yang sulit dijangkau karena berada jauh dari pusat kota. Namun semua wisata di Jogja layak untuk dikunjungi, sepadan dengan kepuasan yang diberikan.

Salah satu wisata yang banyak diminati adalah pantai. Jogja memiliki banyak sekali pantai yang terbentang dari Kulon Progo hingga Gunung Kidul. Pantai-pantai ini menyediakan pemandangan laut selatan yang eksotis. Pantai di laut selatan merupakan destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan. Selain karena legenda mistisnya yang terkenal, laut selatan juga populer karena keindahannya.

Gunung Kidul merupakan surganya pantai di Jogja. Bagaimana tidak? Pantai berderet sepanjang daerah ini, mulai dari Pantai Watugupit, Pantai Gesing, Pantai Ngedan, Pantai Slili, hingga Pantai Brumbun. Di antara pantai-pantai tersebut, masih banyak pula pantai yang belum terjamah oleh manusia, sehingga belum diketahui akses jalannya. Namun ada salah satu pantai di Gunung Kidul yang wajib dikunjungi, yaitu Pantai Watulawang.

Sumber: dokpri

Pantai Watulawang terletak di Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini berada di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Pok Tunggal. Pantai ini dapat ditempuh sekitar 2 jam waktu perjalanan dari pusat kota. Pantai ini agak tersembunyi karena dikelilingi bukit berbatu dan hutan pandan. Pasir putih bersih yang dipadukan dengan bebatuan karang serta lautan biru membuat pesona pantai ini tak bisa disia-siakan.

Pantai Watulawang dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Akses menuju pantai ini masih berupa tanah dan batuan kapur. Sehingga lebih disarankan menggunakan motor jika ingin mengunjungi pantai ini. 

Namun pengguna mobil juga tetap dapat memarkirkan kendaraannya di parkiran Pantai Indrayanti, lalu berjalan sekitar 500 meter menuju Pantai Watulawang. Pengunjung akan melewati hamparan sawah serta gunung dan pepohonan yang memanjakan mata.

Sumber: dokpri

Untuk akses masuknya pantai ini, pengunjung akan dikenai biaya retribusi sebesar 10 ribu per orang. Lalu membayar parkir 5 ribu untuk motor dan 10 ribu untuk mobil. 

Di pantai ini juga terdapat fasilitas yang cukup lengkap, seperti kamar mandi dan mushola. Ada juga beberapa warung yang menyediakan makanan, minuman, sewa tikar, gazebo, dan kebutuhan lainnya. Untuk gazebo dapat disewa dengan membayar 25 ribu per dua jam. Ada juga beberapa fotografer yang menawarkan jasanya, karena pantai ini memiliki banyak spot foto.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline