Lihat ke Halaman Asli

dinda resti

mahasiswa

Isu Penyakit TBC

Diperbarui: 17 Agustus 2023   08:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

ISU PENYAKIT TBC
 
Bakteri yang terjadi pada saluran pernapasan. Adapun jenis bakteri yang menyebabkan infeksi tersebut merupakan bakteri basil yang sangat kuat sehingga memerlukan waktu yang lama untuk mengobatinya. Maka dari itu alasan mengapa penderita TBC proses penyembuhannya dibutuhkan waktu yang lama. Selain itu bakteri ini juga sangat sering kali menginfeksi organ paru-paru (90%) dibandingkan organ tubuh lainnya.

Tuberculosis (TBC) merupakan penyakit menular yang berpotensi serius dan umumnya menyerang paru-paru. Penyebab tuberkulosis sendiri adalah infeksi dari bakteri Mycobacterium tuberculosis (M.tb). Penyakit ini masih menjadi masalah kesehatan global. Estimasi jumlah orang terdiagnosis TBC tahun 2021 secara global sebanyak 10,6 juta kasus atau naik sekitar 600.000 kasus dari tahun 2020. Dari 10,6 juta kasus tersebut, terdapat 6,4 juta (60,3%) orang yang telah dilaporkan dan menjalani pengobatan dan 4,2 juta (39,7%) orang lainnya belum ditemukan/ didiagnosis dan dilaporkan. Dari total 10,6 juta kasus di tahun 2021, setidaknya terdapat 6 juta kasus pada pria dewasa, 3,4 juta kasus pada wanita dewasa dan kasus TBC pada anak-anak, sebanyak 1,2 juta kasus.

https://dinkes.surakarta.go.id/ayo-bersama-akhiri-tbc-indonesia-bisa/#:~:text=Indonesia%20berada%20di%20posisi%20kedua,satu%20orang%20setiap%2033%20detik

https://dinkes.pasuruankab.go.id/berita-artikel-tb.html




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline