Lihat ke Halaman Asli

Dinda Pratiwi

Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Universitas Pamulang

Sistem Informasi Manajemen pada Bisnis Online Shop

Diperbarui: 23 Juni 2024   22:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://psbhfhunila.org/2022/07/26/3331/)

Perkembangan Teknologi Sistem Informasi Manajemen dan Bisnis Online Shop

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan. Adanya kemajuan teknologi dalam dunia bisnis ditandai dengan muncul dan berkembangnya e-commerce dalam kehidupan, salah satunya adalah online shop. Online shop merupakan suatu bentuk pemanfaatan teknologi informasi dalam sektor perdagangan elektronik yang memberikan kemudahan, akses yang luas, dan potensi pasar global bagi para penjual. Karena kemudahannya dalam diakses, online shop menjadi pilihan bagi para konsumen yang malas untuk mendatangi offline store. Sistem informasi manajemen merupakan salah satu solusi dalam menjalankan bisnis online shop karena didalamnya terdapat banyak fitur-fitur bermanfaat yang dapat membantu mengembangkan bisnis online shop.

Sistem Informasi Manajemen atau lebih dikenal dengan istilah (SIM) adalah sistem yang menyediakan informasi untuk mendukung operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam suatu perusahaan. SIM bisa terkait dengan operasional online shop karena dapat membantu dalam mengambil keputusan. Menerapkan sistem informasi dalam sebuah online merupakan suatu solusi yang dapat memberikan banyak manfaat dalam meningkatkan efisiensi operasional, memperbaiki pengalaman pelanggan, dan meningkatkan penjualan.

Beberapa jenis sistem informasi manajemen yang sering digunakan oleh online shop serta fitur yang ada didalamnya, yaitu :

1. Sistem Manajemen Inventaris (Inventory Management System) : membantu melacak barang secara real-time.

2. Sistem Manajemen Pesanan (Order Management System) : menangani pemrosesan pesanan dari saat pesanan diterima hingga pengiriman dan penerimaan oleh pelanggan.

3. Sistem Manajemen Hubungan Pelanggan (Customer Relationship Management) : mengelola interaksi dengan pelanggan, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan mendorong loyalitas.

4. Sistem Manajemen Keuangan (Financial Management System) : mengelola aspek keuangan, termasuk penjualan, pengeluaran, dan laporan keuangan.

5. Sistem Manajemen Konten (Content Management System) : membantu dalam mengelola konten digital, termasuk deskripsi produk, gambar, dan artikel blog.

6. Sistem Analitik dan Pelaporan (Analytics and Reporting System) : menyediakan data analitik dan laporan yang membantu dalam pengambilan keputusan bisnis.

Dengan menerapkan sistem informasi manajemen, online shop dapat meningkatkan kualitas layanan serta membuat bisnis online shop menjadi lebih efektif dan efisien dalam pasar e-commers yang kompetitif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline