Lihat ke Halaman Asli

Dinda Prameswari

Mahasiswa Uhamka

Pentingnya Penggunaan Bahasa Tubuh dalam Organisasi

Diperbarui: 16 Januari 2022   16:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dinda Prameswari 2006015223

Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Menurut Wikipedia, Organisasi yang dalam bahasa yunani " organon" memiliki pengertian sebuah wadah atau tempat berkumpulnya orang dengan sistematis, terpimpin, terkendali, terencana, rasional dengan memanfaatkan segala sumber daya baik dengan metode, material, lingkungan, dan uang serta sarana dan prasarana dengan efisien dan efektif agar bisa mencapai tujuan organisasi. Jika ada perkumpulan orang maka akan selalu ada komunikasi didalamnya.

Komunikasi merupakan kebutuhan dasar bagi manusia, bahasa tubuh merupakan salah satu bagian dari komunikasi non-verbal, komunikasi non-verbal adalah proses komunikasi dimana pesan tidak diucapkan menggunakan kata-kata melainkan menggunakan tindakan, lalu apa itu bahasa tubuh ?

Bahasa tubuh, dilansir dari wikipedia: merupakan proses pertukaran pikiran dan gagasan di mana pesan yang disampaikan dapat berupa isyarat, ekspresi wajah, pandangan mata, sentuhan, artifak (lambang yang digunakan), diam, waktu, suara, serta postur dan gerakan tubuh.

Bahasa tubuh dipercaya menjadi kunci dalam melancarkan atau menghambat efektivitas komunikasi. Tidak semua bahasa tubuh bisa kita mengerti dengan jelas, tetapi bahasa tubuh bisa  kita pahami secara mendalam, karena jika kita ingin mencapai tujuan organisasi dengan baik maka komunikasi, kinerja dan hubungan kita sebagai anggota dengan para anggota yang lain juga harus baik agar terhindar dari salah paham ataupun konflik-konflik lainya.

Organisasi dapat diibaratkan bak kapal yang sedang berlaut menuju pulau, saat dilaut kapal ini akan selalu diterpa oleh ombak, sama halnya dengan organisasi setiap perjalananya akan selalu diterpa oleh masalah atau konflik baik dari internal maupun eksternal, lalu bagaimana agar kita dapat terhindar dari konflik ataupun masalah tersebut? Disini saya akan memberitahu tentang cara menghindari konflik internal dalam organisasi antar sesama anggota organisasi khusunya melalui bahasa tubuh.

Lalu, apakah teman-teman sudah mengetahui apa saja bahasa tubuh yang baik dalam organisasi ?

Mari kita bahas !!!

  • Senyum

Yap! Terlihat sangat sepele, namun tidak semua orang dapat melakukan hal ini, padahal yang selalu kita tahu bahwa senyum adalah sebagian dari ibadah dan termasuk sedekah yang paling mudah dilakukan. 

Dalam berorganisasi tersenyum adalah cara paling sederhan untuk berkomunikasi dengan oranglain, karena dengan hal itu teman sesama anggota organisasi akan merasa nyaman dan senang saat bertemu dengan kita, hal tersebut dapat membuat kinerja menjadi menyenangkan dan menggambarkan perasaan kebahagiaan. (tapi jangan senyum-senyum sendiri ya!!! HAHAHAH)

  • ekspresi wajah
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline