Lihat ke Halaman Asli

Dinda Maulida

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Manfaat Go Transit Bagi Pengguna KRL dan Ojol

Diperbarui: 20 Juli 2024   23:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Stasiun Pondok Ranji, Rabu 17/7/24

Go Transit: Manfaat Go Transit Bagi Pengguna KRL dan Ojol


Tangerang, 17/7/2024 - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan Gojek berkolaborasi menghadirkan Go Transit, sebuah fitur di aplikasi Gojek yang memberikan kemudahan bagi pengguna Kereta Rel Listrik (KRL). Go Transit diluncurkan pada akhir Mei 2022 dan telah menjadi pilihan populer bagi pengguna KRL Jabodetabek.

Transportasi perkotaan yang efisien dan ramah lingkungan adalah kebutuhan mendesak di tengah pertumbuhan populasi yang pesat dan peningkatan mobilitas. Dalam konteks ini Go Transit sebagai salah satu inovasi modern dalam layanan transportasi, menawarkan berbagai manfaat yang signifikan, terutama bagi pengguna KRL, hal ini dapat menghemat biaya perjalanan hingga 27% dan mengurangi waktu perjalanan sebesar 15% dibandingkan pola perjalanan sebelumnya, itu berdasarkan penelitian pusat studi transportasi dan logistik Universitas Gadjah Mada (Pustral UGM) dengan memahami manfaat-manfaat ini kita dapat lebih menghargai peran penting Go Transit dalam membentuk masa depan transportasi yang lebih baik dan berkelanjutan.

"Dengan adanya Go Transit ini sangat membantu sekali karena menghemat biaya apalagi yang memiliki kesibukan rutin menggunakan transportasi umum seperti KRL ini," kata Nisa, pengguna komuter pada Rabu, 17 Juli 2024 di stasiun Pondok Ranji, Tangerang. "Saya tidak perlu lagi antri untuk membeli tiket dan langsung melanjutkan perjalanan saya," ucap pelanggan KRL tersebut.

Berikut manfaat utama Go Transit bagi pengguna KRL:
1. Kemudahan Pembelian Tiket KRL : Pembelian tiket tanpa antrian, pengguna KRL tidak perlu lagi mengantri panjang di loket tiket. Cukup dengan membuka aplikasi Gojek, pilih fitur Go Transit, dan beli tiket KRL dengan mudah dan cepat.

2. Pembayaran dengan GoPay: Transaksi pembelian tiket KRL di Go Transit dapat dilakukan dengan saldo GoPay, sehingga lebih praktis dan efisien.

3. Tiket QR Code: Pengguna akan mendapatkan tiket QR Code yang dapat digunakan untuk tap-in dan tap-out di stasiun KRL. Hal ini semakin mempercepat proses masuk dan keluar stasiun.

4.  Pembelian tiket multi-perjalanan: Go Transit memungkinkan pengguna untuk membeli tiket KRL multi-perjalanan sekaligus, sehingga lebih hemat dan praktis bagi pengguna yang sering bepergian dengan KRL.


Namun di balik berbagai manfaatnya, Go Transit juga menghadapi beberapa kekurangan yang dihadapi oleh pelanggan KRL, seperti salah satunya yaitu Go Transit hanya tersedia menggunakan motor saja tanpa bisa memilih mobil. "Cuma kekuranggannya menurut saya hanya tidak bisa memilih mobil saja, selebihnya sudah oke," ucap Nisa pada siang itu.

Adanya perbedaan pada gojek biasa dengan Go Transit ini yang menjadi kelebihan bagi Go Transit, dimana gojek hanya bisa di pesan sekali dalam satu satu tujuan tanpa tersambung dengan tiket transportasi umum  sedangkan Go Transit bisa dengan memesan tiket transpotrasi umum seperti KRL dan menggunakan layanan ride-halling untuk perjalanan ke tujuan akhir. "Jika Go Transit sudah dihitungkan biaya sejak awal keberangkatan hingga akhir tujuan, kalo pesanan gojek biasa hanya memasukan satu persatu tujuan," sambung Nisa.

Disisi lain bagi pengemudi ojol (Ojek Online), Go Transit menghadirkan peluang baru untuk meningkatkan penghasilan mereka, dengan semakin mudahnya pengguna KRL untuk melanjutkan perjalanan dengan ojol. "Meskipun mendapatkan harga murah bagi pelanggan, tapi kita juga tetap mendapat hasil yang sama tanpa potongan dari sistem gojeknya, jadi menguntungkan di saya dan juga pelanggan, selain itu juga kan bisa menghemat waktu," menurut Yanto, ojol yang menggunakan Go Transit pada Rabu (17/7/24).
Selain itu Yanto juga berpesan kepada pengguna KRL untuk mencoba Go Transit "Kalo bisa yang belum mencoba make Go Transit bisa tuh dipake diaplikasi gojeknya, lumayan kan bisa irit ongkos," ucapnya pada sore hari di depan stasiun Pondok Ranji.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline