Lihat ke Halaman Asli

KKN Rekognisi UPI - Kampus Mengajar Angkatan 1

Diperbarui: 15 Januari 2022   16:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Universitas pendidikan Indonesia menggelar KKN rekognisi bagi mahasiswa yang mengikuti program kampus merdeka. Salah satu program kampus merdeka yaitu kampus mengajar, kampus mengajar ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri di luar perkuliahan.

Setiap mahasiswa di tempatkan di sekolah daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) yang mayoritas sekolah tersebut belum berakreditasi atau berakreditasi C. Sebelum mahasiswa terjun ke SD penempatan, mahasiswa dianjurkan untuk mengikuti pembekalan yang diselenggarakan oleh panitia kampus mengajar. Agar mahasiswa memiliki bekal dan kesiapan untuk mengajar, dikarenakan mahasiswa yang mengikuti kampus mengajar ini tidak hanya diikuti oleh jurusan pendidikan saja, tetapi diikuti oleh seluruh jurusan, baik itu tehnik, sastra, manajemen, bisnis dan sebagainya.

Tanggal 22 Maret 2021 adalah waktu penerjunan mahasiswa kampus mengajar angkatan 1 yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Pada hari itu mahasiswa dan DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) diperintahkan untuk mengambil surat tugas di Dinas Pendidikan Daerah. Bahwasanya mahasiswa kampus mengajar diperbolehkan untuk mengabdi kurang lebih selama 3 bulan di SD penempatan yang telah ditetapkan. Dalam hal ini proses pengambilan surat tugas tersebut berlangsung selama 2 hari.

Pada tanggal 24 Maret 2021 mahasiswa melaksanakan observasi di SD penempatan untuk mengamati lingkungan sekolah dan membuat rencana program yang akan dilaksanakan selama 3 bulan ke depan. Adapun program yang kami laksanakan di SDS IT Nurul Fajar Patumbak yaitu salah satu program “Kelompok Baca Tulis”.

Kelompok Baca Tulis adalah program yang dirancang oleh mahasiswa kampus mengajar angkatan 1 SDS IT Nurul Fajar yang diperuntukkan siswa-siswi yang belum mahir dalam membaca dan menulis. Adapun strategi yang kami laksanakan sebagai berikut.

  1. Mahasiswa melaksanakan observasi terlebih dahulu dengan cara memberi tes baca dan menulis kepada siswa/I
  2. Mahasiswa mengelompokkan siswa/I ke dalam 3 kelompok.
    • Level 1 : siswa/I yang belum mengenal abjad
    • Level 2 : siswa/I yang masih terbata-bata dalam membaca
    • Level 3 : siswa/I yang sudah mahir dalam membaca tetapi belum indah dalam menulis
  3. Waktu pelaksanaan :
    • Senin, Selasa, Rabu : kelas 1 s/d kelas 3 (10.00 -11.00 WIB)
    • Kamis, jumat : Kelas 4 dan kelas 5 (10.00-11.00 WIB)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline