Lihat ke Halaman Asli

Alasan Makanan Kurma Menjadi Menu Favorit Saat Ramadhan

Diperbarui: 5 Januari 2024   09:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

ALASAN MAKANAN KURMA MENJADI MENU FAVORIT SAAT RAMADHAN
Oleh
Dinda Alfiah Nahdah Simanjuntak
Fakultas Tatbiyah dan Keguruan Pendidikan Bahasa Inggris
Dosen pengampu: Vera Sardila S,pd.M.pd

Abstract:
Ramadan is a glorious month for all Muslims. The month of Ramadan is also the month of forgiving sins. This month of Ramadan has many different points of view unlike usual days. What we usually eat in the morning is not available because in the month of Ramadan, all Muslims are required to fast, except for those who cannot afford it.

Kata kunci: Kurma, Ramadhan, Puasa.

Pendahuluan:
Kurma yaitu buah yang banyak tumbuh di daerah padang pasir, seperti negara-negara timur tengah. buah ini juga seringkali dianjurkan untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa pada bulan Ramadhan. Konsumsi buah kurma pada bulan Ramadhan seperti sunah Nabi Muhammad SAW, ternyata juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.Bagi seseorang yang sedang berpuasa, selain memastikan sudah sahur dan mengkonsumsi air putih lebih banyak, ada menu tambahan yang membuat mereka bisa melanjutkan aktivitasnya, yaitu dengan mengkonsumsi buah kurma yang merupakan salah satu tradisi selama bulan Ramadhan.Selama bulan yang suci dan bulan yang penuh berkah ini, penjualan kurma umunya akan meningkat drastik dan persediaan akan lebih melimpah. Selain rasanya yang manis, buah ini juga mempunyai beberapa manfaat dan sangat cocok untuk membantu seseorang agar selalu segar dan bugar ketika berpuasa. Selain memberikan nutrisi yang cukup dalam tubuh, kurma juga mempunyai manfaat bagi kesehatan, yaitu untuk memperkuat kekebalan orang yang mengkonsumsinya agar terhindar dari berbagai penyakit.

Pembahasan:
Berikut adalah manfaat kurma bagi kesehatan yang baik dikonsumsi saat buka puasa maupun sahur
selama bulan Ramadhan kurma kaya akan nutrisi, buah kurma tinggi serat antioksidan,  kurma bantu lawan penyakit,meningkatkan fungsi otak, membantu menurunkan berat badan, mengkonsumsi buah kurma, baik saat puasa, diet ataupun setiap hari juga dapat bermanfaat baik bagi kesehatan otak. Penelitian pada hewan juga menunjukkan manfaat kurma dalam mengurangi aktivitas protein beta amiloid, yang dapat membentuk plak di otak.Membantu mencukupi kebutuhan cairan.
Berikut ini beberapa alasan kurma menjadi makanan terbaik saat puasa Ramadhan.

- Dapat membantu mengurangi rasa lapar
- Dapat mengurangi rasa haus
- Dapat membantu mengembalikan energi yang hilang
- Mudah dicerna lambung
- Makanan favorit saat Ramadhan

Kesimpulan:Kurma juga mengandung banyak serat, magnesium, potasium, dan zat besi yang memberikan nutrisi penting dan mengenyangkan. Jika dimakan, kurma mampu menambah kebutuhan karbohidrat, menekan keinginan makan manis, dan mengendalikan napsu makan. Makan kurma saat berbuka puasa juga bisa membuat perut cepat kenyang sehingga kita tak membabi buta makan besar ketika berbuka.

Saran:
Keistimewaan buka puasa dengan buah kurma ini cara Nabi Muhammad berbuka puasa memang bukan wajib untuk ditiru tetapi diharapkan dapat memotivasi kita berbuka puasa dengan cara sederhana tetapi tetap sehat.

Daftar Pustaka:
Wirakusumah, Emma Pandi. 2010. Sehat Cara Alqur’an & Hadis. Jakarta: PT Mizan Publika

Helwany, Ali Wasil El. 2008. Fasting a great medicine. Jakarta: PT Mizan Publika

Apriyanti, Rosy Nur. 2015. Kurma Dari Gurun ke Tropis. Jakarta: Trubus Swadaya

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline