Lihat ke Halaman Asli

Adinda Iswara

Undergraduate Student at UPN "Veteran" Jawa Timur

Program Pengembangan UMKM Melalui Sosialisasi dan Pendampingan di UMKM Medokan Ayu, Rungkut Surabaya

Diperbarui: 30 Juni 2022   12:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi door-to-door oleh Mahasiswa KKN/Dokpri

Sosialisasi dan pendampingan UMKM adalah sebuah strategi dari KKN Tematik Kelompok 22 UPN VJT untuk mengatasi permasalahan yang sedang dialami oleh pelaku UMKM, mulai dari branding, legalitas usaha (NIB), strategi pemasaran produk hingga metode penghitungan keuangan usaha. 

Pendampingan UMKM secara langsung ini bersifat sangat penting yang dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap pelaku usaha untuk berkembang lagi mengikuti era yang ada.

Mahasiswa KKN-T MBKM Kelompok 22 UPN "Veteran" Jawa Timur melaksanakan beberapa program sosialisasi dan pendampingan UMKM ini secara door to door atau secara langsung datang ke UMKM yang menjadi sasaran program. 

Program pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu program yang dilakukan tim KKN sebagai penutup kegiatan KKN di Kelurahan Medokan Ayu. Program ini dilaksanakan selama tiga hari yaitu mulai tanggal 7 Juni 2022 sampai 9 Juni 2022.

Adapun UMKM yang menjadi target pelaksanaan program-program ini antara lain Tape Ketan Marem milik Bu Eta Soedjamti, Dapur Zamora milik Bu Kris Wahyuningsih, Gizka Kitchen milik Bu Ika Novianti, Nasi Krawu Bu Yuyun milik Bu Yyun Tri Andari, dan yang terakhir D'Pawon Qyu milik Bu Siti Fariyatin.

Dalam kegiatan tersebut, tim KKN menjelaskan beberapa topik materi sosialisasi yang diangkat sepeti Branding, materi ini terbagi menjadi beberapa sub bab yaitu tutorial pembuatan logo, referensi kemasan produk yang menarik dan langkah-langkah melakukan foto produk fasilitas yang ada. 

Selanjutnya tim KKN menjelaskan pentingnya pembuatan Nomor Izin Berusaha (NIB) kepada pelaku UMKM serta memberikan panduan pembuatan NIB sampai selesai. 

Kemudian tim KKN juga memberikan sosialisasi mengenai metode strategi marketing 4P, cara implementasinya dan juga model promosi yang baik secara konvensional maupun online. Selain itu yang tak kalah penting adalah penyuluhan mengenai cara membuat manajemen keuangan bisnis, tim memberikan pemahaman mengenai cara penetapan harga pokok dan harga jual produk untuk pelaku usaha. 

Dalam kegiatan ini tim KKN juga mendampingi secara langsung serta membantu pelaku usaha mengatasi kendala-kendala yang dihadapi, seperti memberikan solusi, serta membantu pembuatan logo, banner, NIB maupun marketplace untuk UMKM.

Pembaharuan Logo UMKM Oleh Mahasiswa KKN/Dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline