Lihat ke Halaman Asli

Pengajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SDN 02 Cibuntu, Kabupaten Purwakarta

Diperbarui: 22 Agustus 2023   20:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Tanggal 4-11 Agustus 2023. Mahasiswa KKN UPI melalukakan Kegiatan Mengajar. Kegiatan mengajar merupakan kegiatan belajar mengajar, dengan konsep belajar sambil bermain di SD Negeri 02 Cibuntu. Pada kegiatan ini mahasiswa KKN ( Dinda Chairani & Zahwa Alya) memberikan materi PPKN pada peserta didik melalui pembelajaran dan permainan yang dilakukan di dalam kelas. Materi yang digunakan yaitu sila-sila Pancasila untuk mengasah kemampuan siswa.   Adapun metode pengajarannya yaitu menyanyi butir-butir sila Pancasila, bermain puzzle Pancasila, menonton vidio edukasi Pancasila dan menebak butir sila Pancasila. Sasaran yang dituju adalah siswa kelas 1 hingga kelas 6 SD secara bergantian selama 1 minggu. Dan dimulai dari pukul 08.00-09.30 WIB. 

Pelaksanaan pembelajaran diiringi dengan tayangan vidio edukasi melalui youtube dan memberikan hadiah atau reward apabila siswa dapat menjawab pertanyaan yang telah diberikan.

Kegiatan ini memberikan edukasi berupa penanaman nilai sikap dari Pancasila dan juga penanaman nilai moral yang terkandung dalam Pancasila. Selain itu, dalam pembelajaran keterampilan peserta didik untuk mengasah kreatifitasnya, mengingat bahwa anak SD masih memiliki daya kreasi yang tinggi sehingga jika mereka dilatih dengan baik maka tingkat kreatifitas mereka pun juga akan semakin baik. Salah satu keterampilan yang ada di SD adalah menggambar dan mewarnai biasanya untuk melatih daya imajinasi dan kreativitas mereka.

Mahasiswa KKN UPI mendapat sambutan baik dari guru dan siswa dilihat dari respon yang diberikan sangat aktif. Selain itu, guru juga mengapresiasi program pengajaran yang diberikan oleh mahasiswa KKN-UPI. Kegiatan ini berdampak semakin dekatnya mahasiswa dengan siswa-siswi SDN 02 Cibuntu dan juga menambah pengalaman langsung di lingkungan, yang pasti akan dialami mahasiswa pendidikan sebagai calon pendidik di masa depan.

Dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline