Lihat ke Halaman Asli

Dinda

mahasiswa

Manfaat Mempelajari Psikologi Pendidikan Bagi Seorang Pendidik

Diperbarui: 26 Juni 2024   12:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Psikologi Pendidikan. Sumber Gambar : istockphoto.com/id

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa psikologi pendidikan dan aktivitas proses belajar memiliki hubungan yang cukup kuat, dikarenakan dengan adanya psikologi yang berlangsung dalam dunia pendidikan maka bisa membantu para pendidik untuk dapat memahami karakteristik kognitif, afektif, dan psikomotorik yang dimiliki oleh peserta didik.

Selain itu terdapat manfaat lainnya yang dapat dirasakan oleh pendidik apabila mempelajari psikologi pendidikan yaitu menjadi paham perbedaan yang di miliki peserta didik, karena pada dasarnya setiap peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda. Dengan mengenal karakteristik tersebut seorang pendidik bisa memilih strategi pembelajaran yang tepat yang akan memberikan situasi belajar yang efektif. 

Psikologi pendidikan juga mengajarkan seorang pendidik tentang bagaimana cara berinteraksi dan melakukan sebuah pendekatan yang nantinya akan menghasilkan pembelajaran yang kondusif. Pendekatan tersebut juga yang nantinya akan menanamkan rasa percaya peserta didik kepada seorang pendidik yang akan memudahkan setiap proses penyelesaian yang terjadi.

Selanjutnya hal pertama dapat diketahui psikologi pendidikan merupakan pedoman sebagai seorang pendidik untuk memotivasi dan alat pendorong untuk menghasilkan semangat belajar yang tinggi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline