Lihat ke Halaman Asli

Dinda Mirza Ayu Maretha

Mahasiswa S1 Fakultas Farmasi Universitas Jember

Mahasiswa KKN BTV 3 UNEJ tingkatkan Nilai Jual dan Inovasi Produk Melalui Digital Marketing

Diperbarui: 30 Agustus 2021   15:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, tatanan perekonomian dunia dan Indonesia mengalami penurunan, termasuk sektor usaha yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Tidak terkecuali Usaha Mikro Kecil Menengah  (UMKM) yang digeluti oleh salah satu pelaku usaha keripik pisang di Desa Pasirian, Dusun Kebonan yang juga ikut merasakan dampaknya.

"Dampak yang saya rasakan juga berakibat adanya kebijakan PPKM, sehingga minat beli terhadap produk keripik pisang saya berkurang dan pendapatan juga mengalami penurunan" ujar Bu Sugiati selaku pemilik usaha.

Untuk itu, mahasiswi KKN BTV 3 UNEJ kelompok 54 bernama Dinda Mirza Ayu Maretha melaksanakan kegiatan KKN dengan membantu mengatasi permasalahan tersebut melalui program pelatihan dan pendampingan terkait upaya untuk meningkatkan kualitas dan inovasi produk, serta memaksimalkan sistem manajemen usaha dan pemasaran.

"Beberapa solusi atau inovasi yang saya tawarkan diantaranya yaitu dengan menambah inovasi varian rasa dari produk, mengganti kemasan produk menjadi lebih  menarik, memberi logo dan nama brand pada kemasan produk serta memanfaatkan digital marketing melalui media sosial dan marketplace sebagai media penjualan secara online" ungkap Dinda Mirza.

Seperti yang kita tahu bahwa di masa-masa pandemi seperti saat ini, banyak masyarakat yang sudah beralih ke teknologi digital dan memanfaatkan berbagai media sosial yang ada untuk mamasarkan produknya. Karena hal ini dinilai lebih efektif dalam strategi pemasaran, sehingga dapat menunjang keberhasilan suatu UMKM.

Dengan adanya program KKN ini, diharapkan kualitas produk milik pelaku usaha dapat lebih berkembang dan bersaing di pasar, serta memiliki logo brand dan kemasan yang menarik. "Saya berharap pelaku usaha mampu mengikuti situasi dan perkembangan di tengah masyarakat, serta mapu menjalankan strategi pemasaran sehingga produk yang dijual dapat dikenal oleh masyarakat luas dan penjualan dapat meningkat" ujar Dinda Mirza, Minggu (29/08)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline