Lihat ke Halaman Asli

Sambut Asian Games 2018, 5 LRT akan Dioperasikan

Diperbarui: 26 Mei 2018   13:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kompas.com

Pesta olahraga terakbar dikawasan Asia sudah semakin dekat, Indonesia yang kali ini dipercaya sebagai tuan rumah untuk yang kedua kalinya, sedang gencar melakukan pembenahan dan pembangunan infrastruktur untuk menunjang pesta olahraga tersebut.

Melansir laman parlementaria Komisi V DPR RI RI mendapat kabar dari PT. Waskita Karya, bahwa dari total 13 stasiun Light Rail Transit (LRT) yang ada di Palembang, Sumatera Selatan, sudah ada  lima stasiun yang siap diaktifkan serta siap beroperasi selama pelaksanaan Asian Games 2018 berlangsung,.

Komisi V DPR RI menyebutkan sisa delapan stasiun dari total yang tersedia diprediksi bahkan hampir dipastikantidak rampung pada bulan Agustus mendatang. Akan tetapi PT. Waskita Karya tetap menargetkan akan selesai pada tahun 2018. Dari 13 stasiun nantinya hanya lima stasiun yang akan beroperasi yakni Stasiun Bandara SMB II, Palembang Icon, Ampera, Jakabaring serta OPI Mall.

Komisi V DPR menerangkan, dari hasil pengecekan, ada sejumlah masalah yang dihadapi dalam penyelesaian pembangunan proyek infrastruktur LRT sebagai upaya menopang pesta olahraga tersebut, yang diantaranya menyangkut kendala pembiayaan yang hingga kini masih didiskusikan oleh Kementerian Keuangan, hak tersebut disebabkan bunga bank yang pembayarannya telat.

Selain itu terdapat dua titik girder yang sedang diperbaiki, ditambah dengan maslah listrik ke jalur LRT yang masih menyisakan tunggakan utang. Hal tersebut membuat penyelesaian pembayaran proyek terus diundur menjadi tahun 2020.

Dilain pihak, Manajer Proyek PT. Waskita Karya, Masudi Jauhari mengungkapkan, pihaknya terus melalukan pekerjaan sebagaimana yang telah ditargetkan serta yang direncanakan sebelumnya. Pihaknya hingga kini telah focus untuk merampungkan Depo Jakabaring guna menampung kereta yang akan dilakukan perangkaian (assembling).

Mengenai kendala atau masalah yang terjadi, Pihak Waskita karya menyebut hal tersebut tidak terlalu menghambat perampungan proyek LRT yang digarap pihaknya. Waskita Karya mengklaim bila ada sejumlah stasiun LRT memang belum dapat dioperasikan ketika Asian Games berlangsung.

 Namun, hal tersebut tidak akan menjadi kendala yang berarti atau menghambat jalannya proyek yang sedang digarap. Target  operasional LRT yang ditargetkan pada bulan Juli yang akan datang akan tetap terwujud.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline