Lihat ke Halaman Asli

Dinda Sukma Wibowo

Mahasiswi Agroteknologi UKSW

Danau Way Jepara Lampung Timur

Diperbarui: 17 Juni 2020   15:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

deaada.blogspot.com

Danau Way Jepara merupakan sebuah danau yang terletak di Jalan Simpang Danau, Sumberjo, Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur. Jarak danau ini dari kota Bandar Lampung sekitar 87 km.

Danau di Kecamatan Way Jepara, Lampung Timur ini, pada awalnya hanya seluas 5 hektar namun pada tahun 1972 diperluas menjadi 200 hektar.

Danau Way Jepara memiliki kedalaman kurang lebih 26 m dengan diameter berkisar 1,9 km. Air Danau Way Jepara berasal dari tiga sungai yaitu Way Abar, Way Jejawai, dan Way Jepara, yang berhulu di Register 38 Gunung Balak.

Potensi yang terdapat pada Danau Way Jepara adalah hamparan rumput hijau yang luas dengan suasana yang masih asri dan sejuk karena dikelilingi banyak pepohonan seperti pohon sonokeling dan jati. Air danau yang jernih sehingga menambahkan estetika pada danau dan menjadi nilai positif pada danau.

Selain itu potensi yang terdapat pada Danau Way Jepara  yaitu berbagai jenis ikan tawar seperti nila, betutu. Namun potensi pada danau Way Jepara belum dimanfaatkan dengan baik.

Dengan berbagai potensi yang ada namun Danau Way Jepara memiliki kendala yang perlu diperbaiki.  Kendala pada danau Way Jepara yaitu penurunan debit air danau dan sedimentasi yang menyebabkan pendangkalan. Jika danau yang mengalami pendangkalan didiamkan begitu saja dan tidak diatasi maka akan menyebabkan banjir apabila terjadi hujan yang lebat. 

Pada awal dioperasikan tahun 1974, Danau Way Jepara dapat mengairi 9.000 hektar sawah. Dulu, untuk mengairi 6.000 hektar cukup membuka satu pintu air di bendungan pengendali.

Sekarang, meskipun lima pintu air dibuka semua, hanya mampu mengairi sekitar  2.000 hektar dimana penurunan debit air pada danau Way Jepara disebabkan oleh rusaknya kawasan Register 38 karena adanya perambahan. Selain itu kendala yang terdapat pada danau Way Jepara yakni terdapat jalan yang mengalami kerusakan.

Strategi pengembangan untuk dapat memanfaatkan potensi yang ada pada danau Way Jepara yang menyajikan panorama alam yang indah yaitu dengan adanya hamparan rumput hijau yang luas pada danau Way Jepara dapat dijadikan sebagai tempat mendirikan tenda atau camping untuk menikmati indahnya matahari terbit atau sunrise dan tenggelamnya matahari atau sunset.

Dengan nuansa yang sejuk karena banyaknya pepohonan dapat membuat setiap orang yang berkunjung disana merasa nyaman.

Selain itu dengan adanya berbagai jenis ikan di danau Way Jepara maka dapat diadakan sebuah festival memancing ikan dengan tawaran hadiah yang menarik sehingga dapat menarik  minat wisatawan untuk mengunjungi Danau Way Jepara.  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline