Lihat ke Halaman Asli

Dinda Eka Fitriani

Mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Studi Lapangan pada Pembuat Tempe Mendoan di Komplek PIK Kopti, Kalideres

Diperbarui: 3 Juli 2023   11:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar pembuatan tempe mendoan (Dokpri)

            Pada tanggal 27/06/2023 kami mahasiswa dan mahasiswi kelas BPI 2A UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam menjalankan studi lapangan di Komplek PIK Kopti, Kalideres untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Pengembangan Masyarakat.

            Kami melakukan penelitian ke beberapa rumah  yang berwirausaha disana, dengan dibagi beberapa kelompok. Saya sendiri merupakan kelompok 6 yang melakukan penelitian bersama teman kelompok saya di rumah Bu Carsuni. Bu Carsuni merupakan seorang usahawan yang membuat tempe mendoan mentah yang sudah dijalaninya sejak 2006 sampai saat ini.

            Usaha membuat tempe mendoan ini dimiliki oleh Bu Carsuni sendiri, dimana biasanya dalam sehari memproduksi sekitar 50-60 tempe mendoan dimana satu bungkusnya berisi 4 helai tempe mendoan. Dari tempe yang diproduksi ini, nantinya akan di salurkan kepada penjual-penjual tempe mendoan yang menjual tempe mendoan matang seperti yang sering kita lihat di pinggir jalan ataupun konsumen lainnya yang memang memesan tempe mendoan kepada Bu Carsuni.

            Dalam usaha membuat tempe mendoan yang dimiliki Bu Carsuni ini, Bu Carsuni dibantu oleh anak-anaknya dan juga melibatkan warga sekitar yang nantinya diberikan upah perminggunya sesuai dengan berapa tempe yang mereka dapat hasilkan perharinya. Dimana biasanya juga dikatakan Bu Carsuni, perminggu mereka bisa dapat upah sekitar 300 ribu.

Dapat dilihat bahwa usaha yang dijalani Bu Carsuni ini melibatkan warga sekitar, dimana dengan itu usaha Bu Carsuni ini juga membantu perekonomian warga. Seperti yang disampaikan oleh salah satu anak Bu Carsuni yang saat itu juga sedang membantu dalam pembuatan tempe mendoan, saat kami tanya "Kira-kira ada gak nih bu, dari karyawan ibu yang ikut membantu pembuatan tempe mendoan ini bercerita bahwa setelah kerja disini dapat memperbaiki perekonomiannya?" dijawab oleh anak dari Bu Carsuni "Ada, si uni udah kerja 6 tahun, yang tadinya nganggur jadi berpenghasilan, dia juga biasanya bantu-bantu di tempat lain juga" tuturnya.

Nama : Dinda Eka Fitriani

NIM : 11220520000030

Kelas : BPI 2A

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam

Mata Kuliah Pengantar Pengembangan Masyarakat

Dosen Pengampu : M. Jufri Halim, S.Ag., M. Si




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline