Lihat ke Halaman Asli

Dinda Fitriyani

Universitas Sebelas Maret Surakarta

Press Release KKN UNS: Belajar Sambil Berdampak Melalui MBKM Program Kampus Mengajar

Diperbarui: 1 Juli 2022   12:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dokpri

Temanggung,1 Juli 2022---Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan turunnya minat belajar siswa bahkan sampai mengakibatkan learning loss akibat dari pembelajaran jarak jauh atau daring. Dampak lainnya dapat berupa penurunan prestasi siswa di sekolah dan siswa bisa tinggal kelas. Direktur Eksekutif UNICEF memperingatkan bahwa  Covid-19 memiliki kemungkinan untuk memicu gangguan terbesar dalam sejarah modern yang berdampak pada kemajuan anak yang telah dicapai secara global. Terlihat dari terjadinya kemunduran perkembangan anak baik dalam literasi maupun numerasi sejak pandemic terjadi.

Covid-19 telah menyebabkan gangguan luar biasa terhadap pembelajaran di Indonesia. Tujuh puluh persen orang tua menyatakan kekhawatiran tentang hilangnya pembelajaran selama pandemi. Bahkan sebelum pandemi datang, Indonesia telah menghadapi tantangan pembelajaran yang serius karena 70 persen siswa berusia 15 tahun tidak dapat mencapai kemahiran minimum dalam kemampuan membaca dan matematika.

Kampus Mengajar adalah bagian dari program MBKM yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Program ini ditujukan untuk membantu peningkatan kualitas pembelajaran di pendidikan dasar. Mahasiswa akan ditempatkan di SD dan SMP di seluruh Indonesia dalam membantu proses belajar mengajar di sekolah tersebut. Program Kampus Mengajar ini mengajak para mahasiswa untuk berkolaborasi, beraksi, dan berbakti untuk negeri di sekolah yang ditugaskan baik jenjang SD maupun SMP. Mahasiswa sebagai agen perubahan (agent of change) diharapkan akan membantu meningkatkan kualitas pendidikan di jenjang SD dan SMP khususnya di bidang literasi dan numerasi.

Dalam hal ini, Universitas Sebelas Maret meluncurkan program konversi SKS (satuan kredit semester) Kuliah Kerja Nyata melalui MBKM untuk membantu lembaga pendidikan dimana mahasiswa ditempatkan pada sekolah sasaran. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi Universitas Sebelas Maret Surakarta, Dinda Fitriyani ikut berkontribusi dalam kegiatan program Kampus Mengajar Angkatan 3 berkolaborasi dengan teman-teman dari Universitas Negeri Semarang dan Universitas Muhammadiyah Magelang yang mendapat penempatan di SD Negeri 2 Karangwuni Pringsurat Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan selama empat bulan dari tanggal 1 Maret 2022- 29 Juni 2022.

Dokpri

Tim kami melakukan observasi awal terlebih dahulu ke sekolah sasaran yang kemudian nantinya akan dibuat program kerja yang dibutuhkan dan bermanfaat untuk warga sekolah SD Negeri 2 Karangwuni. Salah satu program kerja dalam pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan yaitu peningkatan kemampuan literasi, numerasi, dan adaptasi tekonologi untuk siswa maupun guru.

Program kerja yang telah dilaksanakan yaitu:

  • Pendampingan serta berkolaborasi dengan guru dalam hal literasi dan numerasi seperti mengajarkan siswa yang belum mampu membaca dan menulis dengan baik, melatih siswa untuk bisa berhitung dan memecahkan masalah.Kegiatan ini dilaksanakn di dalam kelas maupun diluar jam pelajaran.
  • Pelatihan Tes Asesment Kompetensi Minimum (AKM) di kelas 5 baik pre test maupun post test dan pre test AKM di kelas 4 sebagai uji coba latihan untuk tes AKM di kelas 5 nantinya. Tes AKM dibuat untuk melatih kemampuan berpikir dan mengukur capaian siswa dari hasil belajar kognitif yaitu literasi dan numerasi.
  • Edukasi pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi seperti pembelajaran menggunakan Quiziz, web literacycloud, web bersamahadapikorona, web National Geography Kids, dan pelatihan menggunakan Ms. Word di kelas tinggi.
  • Edukasi Kesehatan dengan mengadakan program "SEHATI"(Sehat Bareng Kampus Mengajar Tiga) dengan melaksanakan senam di hari Sabtu,melaksanakan kegiatan permainan olahraga, dan pengecekan kebersihan diri seperti kuku di hari Jumat.
  • Membuat Mading atau Majalah Dinding Edukasi yang menarik siswa agar mau membaca sehingga dapat menumbuhkan minat literasi siswa.
  • Membantu administrasi sekolah dalam memperbarui data-data sekolah dan mendampingi guru dalam mempelajari dan mengolah nilai siswa di Ms.Excel
  • Mengadakan donasi buku yang nantinya dibuat pojok baca untuk siswa dan membuat quotes motivasi dan edukasi di kelas.
  • Pengelolaan perpustakaan SDN 2 Karangwuni supaya dapat aktif kembali

Tim kami berharap dengan dijalankannya KKN Kampus Mengajar ini dapat membawa dampak yang positif serta memberikan inspirasi dan motivasi tidak hanya bagi siswa siswi SDN 2 Karangwuni tetapi juga masyarakat disekitar dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline