Di bulan Ramadhan, minuman menjadi salah satu hidangan yang dicari dan digemari saat menjelang buka puasa, banyak sekali UMKM yang berlomba-lomba untuk mencari keuntungan, karena memang bisnis di bulan Ramadhan ini sangat meningkat.
Untuk menghadapi permintaan dari konsumen, para UMKM harus memiliki strategi pemasaran khusus saat di bulan Ramadhan yaitu meningkatkan Digital Marketing secara lebih gencar.
Digital Marketing sendiri adalah kegiatan marketing yang menggunakan media berbasis web, contohnya Website, Blog, Email, dan jejaring sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan Whatsapp. Digital Marketing memiliki keuntungan untuk meningkatkan penjualan, diantaranya adalah :
- Digital Marketing adalah pilihan media pemasaran yang sangat beragam.
- Jangkauan audience yang lebih luas.
- Peningkatan penjualan yang signifikan.
Disini penulis merekomendasikan buat kalian warga Muntilan, Magelang dan sekitarnya untuk mencari takjil minuman yang kekinian dan tentunya yang cocok untuk menemani buka puasa yaitu Candu Boba & Milktea, mereka menggunakan tagline " New Level of Street Drink", kedai minuman ini menawarkan berbagai jenis varian diantaranya adalah choco hazelnut milktea, hokaido brown sugar, black candu, japanesse matcha boba milktea, dan masih banyak lagi.
Menu ini juga disajikan dengan gelas besar dan gelas kecil sesuai dengan keinginan konsumen sehingga membuat pembelinya puas. Candu Boba & Milktea tidak hanya membuka kedai di kawasan Muntilan saja, Candu Boba & Milktea membuka kedai di daerah Jogja, Kota Magelang, Borobudur, Klaten, dan Cirebon. Candu Boba & Milktea ini membuka harga mulai dari Rp10.000 - Rp21.000, dan bisa dipesan melalui Grab Food, Shopee Food, dan Gofood.
Memasuki Era sekarang yang serba digital, UMKM Candu Boba & Milktea seperti pada gambar diatas contohnya melalui instagram @candu_id, salah satu penggunaan media sosial adalah sebagai promosi untuk meningkatkan engagement dengan cara membagikan instagram Stories dan Instagram Feed, karena dengan cara berikut ini akan mudah mempromosikan produk, membangun hubungan yang baik dengan pelanggan karena interaksi akan lebih mudah dan terjangkau melalui sosial media, meningkatkan penjualan secara langsung karena saat kita membuka sosial media khususnya instagram kita akan menemukan media-media yang secara langsung mempromosikan bisnis kita, dan yang terakhir adalah menyusun strategi pemasaran dari data insight, yang artinya kita sebagai pelaku usaha akan mengetahui bisnis kita dan seberapa orang menjangkau akun kita.
Jadi, setiap bisnis harus meningkatkan promosi pemasaran mereka, apalagi sekarang memasuki bulan Ramadhan yang dimana perilaku konsumsi masyarakat cenderung meningkat dan Digital Marketing sangat penting dan bermanfaat sekali bagi pelaku usaha di era sekarang.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H