Dalam menjalankan suatu usaha maupun kegiatan umumnya akan dirancang suatu anggaran untuk mengatur uang yang ada. Dimana pengertian anggaran sendiri merupakan rencana tertulis mengenai kegiatan suatu organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif untuk jangka waktu tertentu dan umumnya dinyatakan dalam satuan uang.
Penyusunan anggaran memungkinkan pemilik bisnis memahami kemana arah keuangan, membantu pendanaan dan merencanakan bisnis kedepannya. Penyusunan anggaran yang baik dapat memperlancar tujuan perusahaan dengan maksimal.
Anggaran umumnya memiliki karekteristik -- karakteristik sebagai berikut:
- Anggaran mengestimasikan potensi laba dari unit bisnis tersebut.
- Dinyatakan dalam istilah moneter, walaupun jumlah moneter mungkin didukung dengan jumlah nonmoneter (contoh: unit yang terjual atau diproduksi).
- Biasanya meliputi waktu selama satu tahun. Dalam bisnis -- bisnis yang sangat dipengaruhi oleh faktor -- faktor musiman.
- Merupakan komitmen manajemen.
- Usulan anggaran ditinjau dan disetujui oleh pejabat yang lebih tinggi wewenangnya dari pembuat anggaran.
- Setelah disetujui, anggaran hanya dapat diubah dalam kondisi -- kondisi tertentu.
Dalam menyusun anggaran operasi ada beberapa pertimbangan motivasional antara lain :
- Partisipasi dalam Proses Penyusunan Anggaran
- Tingkat Kesulitan dari Target Anggaran
- Keterlibatan Manajemen Senior
- Departemen Anggaran
Dalam organisasi yang relative kecil, terutama yang tidak mempunyai unit bisnis keseluruhan anggaran mungkin hanya setebal satu halaman saja.
Dalam organisasi yang lebih besar, ada halaman ringkasan dan halaman -- halaman lain yang berisi rincian dari unit bisnis, ditambah penelitian dan pengembangan, serta beban umum da administrative.
Pos -- pos pendapatan disusun pertama kali, balik karena merupakan pos pertama dalam laporan laba rugi maupun juga karena jumlah anggaran pendapatan memengaruhi jumlah dari banyak pos lainnya.
Dalam penyusunan anggaran biasanya perusahaan tidak terlepas menggunakan teknik-teknik berikut agar hasil perencanaannya maksimal, Teknik tersebut antara lain :
- Simulasi
Simulasi adalah suatu metode yang membangun sebuah model dari situasi riil dan kemudian memanipulasi model ini sedemikian rupa untuk mengambil kesimpulan tentang situasi riil. Penyusunan dan peninjauan anggaran adalah proses simulasi.
Dengan simulasi komputer, manajemen senior dapat menanyakan dampak dari beragai jenis perubahan yang berbeda dan menerima jawabannya seketika. Hal ini memberikan peluang kepada manajemen senior untuk berpartisipasi lebih penuh dalam proses penuyusunan anggaran.
- Estimasi Probabilitas
Tiap angka dalam anggaran adalah estimasi titik yaitu, jumlah tunggal "yang paling mungkin". Sebagai contoh, estimasi penjualan dinyatakan dalam jumlah tertentu unit dari setiap jenis produk yang akan dijual. Estimasi titik adalah perlu untuk tujuan pengendalian.