Lihat ke Halaman Asli

Trik Mengajarkan Anak Usia Sekolah Dasar

Diperbarui: 14 November 2018   15:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pada tahapan usia ini anak mulai akan susah di atur, dan mengajarkan anak adalah salah satu pekerjaan yang sulit dilakukan  . adapaun trik trik cara mengajarkan anak usia sekolah dasar

1.menggunakan bahasa yang positif

contohya setiap kali kita menyuruh anak untuk tidak melakukan hal jangan menggunakan kata kata yang kasar  sepeti contoh : jangan nakal .

usahakan jangan sampai kita sering mengucakan kata "jangan" kepada anak. tapi ucapkanlah ucapan yang positif atau dengan kata yang lembut.

2. memberikan pujian terhadap anak karena usahanya sendiri

memberikan pujian terhadap anak itu juga sangat penting . seperti contoh saya melihat dina mempersiapkan bukunya untuk belajar, berarti si dina memang sudah siap untuk melakukan kegiatan pembelajaran tersebut tapi juga erlu diingat bahwa bukan melakukan sesuau agar mendapatkan kesenangan dari gurunya.

3. menghindari sikap yang bisa mempermalukan siswa 

jadi ketika ada anak melakukan kesalahan kita sebagai guru jangan bicara atau menyudutkan si anak. cukup dengan berbicaralah dengan anak pada waktu di luar ruangan kelas. dengfan hal seperti itu akan membuat si anaki tidak merasa di permalukan karena tadi melakukan kesalahan.

4. memberi aturan dan menerapkan secara konsisten

pada hari pertama guru sebaiknya menerapkan peraturan mana saja yang di larang anak atau mana saja peraturan yang memang wajib di terakan pada kehidupan sehari-harinya.denga adanya peraturan ini anak akan menjadi terarah dan memberikan kesan bahwa guru adalah pendidik yang memang serius dalam mendidiknya. dan untuk membuat siswa sadar dan bahwa perlu nya mengetahui  perilaku-perilaku yang semestinya tidak di lakukan oleh anak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline