Lihat ke Halaman Asli

Adaptasi Manusia Terhadap Perubahan Lingkungan: Perspektif Ekologi

Diperbarui: 6 Mei 2024   22:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Adaptasi Manusia dan Lingkungan

oleh : Dinash Mafazan Sabila, 221380026 Prodi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Adaptasi berarti mengantisipasi dampak buruk perubahan iklim dan mengambil tindakan yang tepat untuk mencegah atau meminimalkan kerusakan yang ditimbulkannya, atau memanfaatkan peluang yang mungkin timbul.

Manusia adalah makhluk sosial dan sebagai makhluk sosial yang tidak mungkin hidup sendiri ia akan selalu membutuhkan orang lain. Oleh karenanya manusia harus beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Adaptasi merupakan penyesuaian diri dan cara atau proses penyesuaian diri pada setiap individu atau manusia berbeda-beda.

Adaptasi menjadi salah satu hal penting bagi setiap indivudu karena dengan beradaptasi seorang individu dapat menyesuaikan dirinya dengan keadaan lingkungan, serta belajar menempatkan diri diantara individu-individu yang lain maupun kelompok masyarakat lainnya, agar ia dapat bertahan hidup.

Contoh kegiatan manusia yang menyesuaikan diri dengan alam adalah melibatkan pelestarian, dan pengelolaan bijaksana sumber daya alam seperti air, tanah, hutan, dan makhluk hidup.

Ada 5 cara adabtasi manusia terhadap lingkungan yaitu:

1. Adaptasi Fisiologis.
2. Adaptasi Morfologis.
3. Adaptasi Budaya.
4. Adaptasi Bahan Makanan.
5. Adaptasi Psikologi.

Dengan memberikan informasi bahwasanya Adaptasi manusia dan lingkungan sangat penting dalam mendukung pemahaman dan pengelolaan yang efektif. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline