Lihat ke Halaman Asli

Dinariya

Freelancer

4 Manfaat Memelihara Hewan untuk Kesehatan, Menurunkan Alergi Hingga Stres

Diperbarui: 11 Juli 2024   10:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi bernteraksi dengan hewan peliharaan (Pixabay/hong hn nguyn)

Memiliki hewan peliharaan merupakan hal yang lumrah di masyarakat kita. Hal ini biasanya dijadikan sebagai hobi atau karena memang suka dengan hewan. Memiliki hewan peliharaan ini akan membuat pemiliknya senang dengan tingkah mereka atau bisa juga dijadikan teman. Ternyata dari sisi kesehatan memelihara hewan dapat memberikan manfaat tersendiri terutama untuk kesehatan mental. Apa saja kira-kira? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

  • Menurunkan resiko alergi

Beberapa orang mungkin memiliki alergi tertentu pada hewan seperti misalnya alergi bulu kucing. Akan tetapi ternyata memelihara hewan dapat menurunkan resiko alergi pada beberapa kasus. Misalnya saja kucing dapat menghindarkan kita dari asma. Terlebih lagi kepada anak-anak akan membuat sistem imun mereka lebih kebal terhadap beberapa zat yang dapat memicu alergi pada hewan dengan sering berinteraksi dengan mereka.

  • Meningkatkan emosi positif

Berinteraksi dengan hewan peliharaan akan membuat kita mendapatkan energi positif yang lebih banyak serta menurunkan energi negatif yang ada pada dalam diri kita. Saat kita mengelus atau bermain dengan hewan peliharaan perasaan kita akan lebih membaik dengan adanya perasaan senang sehingga energi negatif cenderung menurun.

Menurut studi di Amerika terhadap 263 orang dewasa yang memiliki hewan peliharaan menyatakan mereka merasa lebih puas terhadap kehidupan mereka daripada yang tidak. Tetapi pada dasarnya dampak peningkatan emosi positif ini juga akan berbeda pada setiap orang tergantung berbagai faktor seperti situasi kehidupan, hewannya itu sendiri, maupun tingkat kepedulian dalam memeliharanya.

  • Menurunkan stres

Tak jauh berbeda dengan meningkatkan energi positif, memelihara hewan juga dapat menurunkan resiko stres. Ketika kita berinteraksi dengan hewan peliharaan seperti bermain ataupun mengelus mereka akan meningkatkan hormon oksitosin yang dapat membantu menurunkan stres. Sebagai contoh peneliti di Jepang menemukan bahwa anjing yang digunakan untuk membantu program terapi dapat membantu pasien menurunkan stres.

  • Meningkatkan kesehatan otak

Mengutip pada healthline, menurut studi pada tahun 2022 ditemukan fakta bawa pemilik hewan peliharaan ini memiliki fokus yang lebih baik, dapat mengingat cerita lebih akurat, dan dapat memproses informasi lebih cepat daripada mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan. Studi ini dilakukan pada 95 orang dengan rentang usia 20-70 tahun. Hal inite ntunya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan karena otak sebagai pusat pengendalinya.

Sumber : 

https://www.healthline.com/health/potential-health-benefits-of-pets#possible-health-benefits




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline