Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada perekonomian Indonesia, termasuk UMKM. Pengaruhnya tidak terbatas pada produksi, tetapi juga pada pemasaran. Di saat yang sama, banyak UMKM yang belum memahami teknik pemasaran digital yang efektif sebagai solusi di masa pandemi ini.
Tujuan dari optimalisasi penggunaan media digital (virtual training) ini adalah untuk membantu mitra dalam menggunakan teknik digital marketing seperti: Peningkatan pemasaran di Sosial Media, Online advertising, dan Branding.
Berdasarkan hasil evaluasi dapat dilihat bahwa optimalisasi penyebaran dan penggunaan media digital mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para mitra serta berkontribusi dalam peningkatan pemasaran.
Hal ini dibuktikan dengan tingginya tingkat pengetahuan dan penggunaan media sosial oleh mitra UMKM. Khususnya penggunaan Instagram sebagai salah satu media sosial yang sering digunakan mitra UMKM untuk mendukung pemasaran dan penjualan produk. Selain itu, pemasara digital dapat digunakan untuk mempromosikan pembuatan profil bisnis untuk mitra UMKM.
Pelatihan pemanfaatan media digital dalam pengembangan UMKM terbukti bermanfaat dan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra. Oleh karena itu, disarankan agar metode pendampingan mitra berkelanjutan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan skala usaha.
Rekomendasi lainnya adalah membawa materi ke tingkat yang lebih tinggi (advance) untuk sesi pelatihan berikutnya. Dengan begitu, para peserta akan mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai strategi pemasaran yang tepat dengan bantuan branding dan digitalisasi produk baik selama maupun setelah pandemi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H