Lihat ke Halaman Asli

Dinara Safina

Mahasiswi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Apakah Hubungan antara Barbie dengan Vietnam?

Diperbarui: 9 Juli 2023   16:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Film Barbie Garapan Warner Bros yang akan tayang pada 21 Juli 2023 menjadi film live action pertama setelah adanya film animasi. Sinopsis Film Barbie Diawali dengan kehidupan di Barbie Land yang menyenangkan. Namun, tiba-tiba barbie memutuskan untuk pergi ke dunia manusia ditemani oleh Ken. 

Secara umum, memang sinopsis tersebut tidak menyinggung topik yang berat, namun di negara Vietnam film yang didominasi warna pink ini di banned dan tidak bisa ditayangkan. Kepala Departemen Perfilman Vietnam mengatakan "Kami tidak memberikan lisensi untuk film Amerika 'Barbie' untuk rilis di Vietnam, karena memuat gambar nine-dash line (sembilan garis putus-putus) yang dirasa sangat sensitif bagi pemerintah Vietnam".

Hal ini membuktikan bahwa isu nine-dash line masih sangat sensitif di Asia Tenggara khususnya Vietnam. Namun apakah sebenarnya nine-dash line itu?

nine-dash line adalah sembilan garis putus-putus yang berdasar pada historis China, bahwa wilayah China Selatan merupakan milik China.

Cina terus-menerus mengungkapkan klaimnya, terutama sejak Malaysia, Filipina, dan Vietnam mulai mengajukan klaim mereka sendiri atas sebagian Laut Cina Selatan, yang tumpang tindih dengan nine-dash line. Pemerintah China tidak pernah secara eksplisit menjelaskan apa yang dimaksud dengan klaim tersebut.

Sehingga China melanggar Hukum Internasional, yang terdapat pada Konvensi PBB tentang Hukum Laut atau United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS).

Pemerintah China telah melakukan banyak hal untuk mengklaim Laut Cina Selatan, diantaranya: 

1. Terus menerbitkan peta yang menunjukkan klaim nine-dash line,  

2. Mengeksploitasi cadangan minyak dan gas maritim di Laut China Selatan,

3. Membangun pulau buatan di wilayah Laut China Selatan, dan

4. Mengganggu nelayan Vietnam dan nelayan asing lainnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline