Lihat ke Halaman Asli

Wajib Baca: Bahaya Kopi untuk Prostat

Diperbarui: 24 Juni 2015   16:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saw Palmetto photo SawPalmetto.jpg

Ini kabar kurang menggembirakan bagi pria yang suka mengkonsumsi kopi, terutama yang usianya sudah 50 tahun ke atas. Kebiasaan meminum kopi ternyata bisa menyebabkan gangguan pada kelenjar prostat.

Di tahap awal, pembesaran kelenjar prostat tidak begitu terasa mengganggu. Mungkin penderita hanya merasakan gangguan saat hendak buang air kecil. Gangguan ini apabila dibiarkan akan mengakibatkan proses buang air kecil semakin sulit atau bahkan bila sudah parah, tidak mampu berkemih sama sekali. Hal ini bila dibiarkan berkelanjutan bisa menyebabkan infeksi saluran kemih dan juga mengakibatkan kerusakan ginjal.

Ternyata, ada penelitian medis pada tahun 2002 yang menyatakan bahwa pada pria yang suka mengkonsumsi kopi, kecenderungan untuk mengalami gangguan prostat lebih besar daripada mereka yang jarang atau tidak meminum kopi.Kopi dan minuman berkafein lainnya bisa memperparah pembesaran prostat karena kandungan kafein dalam kopi meningkatkan produksi urin dalam tubuh.

Kecenderungan lain yang bisa memicu pembesaran kelenjar prostat terjadi juga pada pria yang jarang mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang berserat tinggi.

Nah bagi Anda para pria yang usianya sudah mendekati kepala 5, ada baiknya jika mulai memperhatikan kedua hal di atas. Kurangi minum kopi dan minuman lain yang mengandung banyak kafein secara berlebih dan tingkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran. Karena kafein tidak hanya buruk untuk kesehatan kelenjar prostat, tetapi juga meningkatkan resiko terkena penyakit darah tinggi dan jantung.

Bagi Anda yang saat ini tidak mengalami gangguan prostat, tidak ada salahnya untuk menjaga kesehatan prostat Anda sejak dini. Disarankan Anda mulai mengkonsumsi suplemen alami yang memiliki kandungan Saw Palmetto minimal 100 mg/hari karena pada prinsipnya menjaga lebih baik daripada mengobati. Lebih bagus lagi jika suplemen yang Anda konsumsi bisa menjaga kesehatan jantung dan memiliki fungsi regenerasi sel tubuh.

Salah satu produk suplemen alami

yang mengandung Saw Palmetto tinggi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline