Lihat ke Halaman Asli

Program Pelatihan Gerak Dasar Motorik Anak Sekolah Dasar Cisaat

Diperbarui: 15 September 2022   14:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kegiatan ini merupakan pengabdian kepada masyarakat dengan tema "PROGRAM PELATIHAN GERAK DASAR MOTORIK ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI CISAAT", kegitan tersebut merupakan salah satu upaya untuk menunjukan eksistensi Universitas Negeri Jakarta dalam membangun Desa Cisaat yang dilakukan oleh Dosen dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu bidang Pengabdian. Pengabdian masyarakat ini dipelopori oleh Dr.Sudrajat Wiradihardja,M.Pd. bersama tim. Tim terdiri dari dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta. 

Pengabdian pada masyarakat  ini  dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Cisaat. Salah satu faktor tempat tersebut di jadikan pengabdian masyarakat karena  hingga saat ini masih kurangnya referensi gerak mototrik anak-anak Sekolah Dasar Negeri Cisaat dan belum adanya guru yang berkompeten di bidang Pendidikan jasmani. 

dokpri

Sehingga dianggap perlu melaksanakan pelatihan pembelajaran gerak dasar dan keterampilan motorik untuk anak sekolah dasar. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 20-23 Juni 2022 di Desa Desa Cisaat, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Kegiatan pengabdian masyarakat berjalan dengan lancar dan tanpa kendala. Kegiatan dilaksanakan pada bulan 21 Juni 2022 di Desa Cisaat, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kegiatan berlangsung selama dua jam. 

Satu jam teori dilanjutkan satu jam praktek. Kegiatan dimulai pukul 13.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB yang berlokasi di salah satu ruang kantor lurah Desa Cisaat. Peserta berasal dari kalangan guru sekolah dasar dan masyarakat Desa Cisaat. Peserta berjumlah 15 orang. Kegiatan dipandu oleh moderator Dinan Mitsalina (dosen ilmu keolahragaan UNJ). 

Acara dimulai dengan laporan oleh Ketua Peneliti Dr. Sudrajat Wiradihardja, M.Pd. dan dilanjutkan dengan pemberian materi pelatihan gerak dasar anak sekolah dasar oleh narasumber. Narasumber pada kegiatan ini adalah Lita Mulia, M.Pd., dosen Pendidikan kepelatihan olahraga dan pelatih karate LPPM DKI Jakarta. 

Materi yang diberikan mengenai gerak dasar anak sekolah dasar, perkembangan motorik, keterampilan motorik anak, literasi fisik, dan model latihan gerak dasar anak sekolah dasar. Setelah diberikan materi secara teori dibuka sesi tanya jawab antara narasumber dan peserta pelatihan  Agenda terakhir adalah dilaksanakannya pelatihan secara praktek di gedung olahraga kantor lurah Desa Cisaat yang berlangsung sesuai rancangan.

 Peserta sangat antusias dengan kegiatan tersebut dibuktikan dengan keaktifan semua peserta dalam hal tanya jawab dengan narasumber dan saat praktek. Peserta juga meminta agar di tahun berikutnya dilaksanakan kembali kegiatan serupa di Desa Cisaat.

dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline