Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi Olahraga Pickleball di Desa Wisata Cisaat Subang Jawa Barat oleh Dr.Rina Ambar Dewanti,M.Pd.

Diperbarui: 10 September 2022   20:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kegiatan ini merupakan pengabdian kepada masyarakat dengan tema "Sosialisasi Olahraga Pickleball di Desa Wisata Cisaat Subang Jawa Barat", kegitan tersebut merupakan salah satu upaya untuk menunjukan eksistensi Universitas Negeri Jakarta dalam membangun Desa Cisaat yang dilakukan oleh Dosen dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu bidang Pengabdian. 

Pengabdian masyarakat olahraga pickleball ini dipelopori oleh Dr.H.Rina Ambar Dewanti,M.Pd. bersama tim. Tim terdiri dari dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta. Pengabdian pada masyarakat  ini  dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Cisaat. 

Salah satu faktor tempat tersebut di jadikan pengabdian masyarakat karena  hingga saat ini belum ada sarana prasarana olahraga sama sekali dan memiliki lapangan outdoor yang sesuai dengan kriteria lapangan pickleball. Belum adanya sarana prasarana olahraga  telah menurunkan jumlah partisipasi anak dan masyarakat untuk melakukan olahraga permainan. 

Oleh karena itu, perlu dilakukan terobosan guna meningkatkan partisipasi masyarakat untuk melakukan olahraga permainan. Melalui sosialisasi olahraga pickleball kepada anak sekolah dasar tersebut,  diharapkan dapat mencari bibit unggul untuk menjadi atlet berprestasi tingkat nasional hingga internasional,  dan yang lebih penting adalah akan menjadi sebuah kebiasaan untuk berolahraga sehingga kesegaran jasmaninya  tetap bugar.

Dokpri

Pickleball merupakan salah satu cabang olahraga yang sedang popular baik tingkat internasional maupun nasional. Pickleball memiliki manfaat selain dapat membetuk jiwa kompetisi dan sportivitas ternyata merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan untuk rekreasi. Pada tujuan rekreasi hanya digunakan untuk meningkatkan kebugaran dan menghilangkan kejenuhan.   

Olahraga Pickleball merupakan gabungan dari tenis lapangan, tenis meja dan bulutangkis. Unsur dari ketiga olahraga tersebut semuanya bisa ditemukan di olahraga pickleball.

 Net yang menyerupai tenis lapangan, lebar dan panjang lapangan yang sama ukuranya dengan lapangan bulutangkis, dan alat pukulnya bernama paddle yang berbentuk seperti bet tenis meja namun ukuranya jauh lebih besar dari bet tenis meja.Pickleball masuk ke Indonesia pada tahun 2019 di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta yang dibawakan oleh dosen FIK UNJ bernama Susilo M.Pd., D.Ed dan temannya Jeff Vanhoutten yang berasal dari Inggris. 

Dokpri

Pada tanggal 18 April 2019 pickleball pertama kali disosialisasikan di Hall A kampus FIK UNJ dan diikuti oleh para mahasiswa FIK UNJ. Sosialisasi itu membuahkan hasil dengan antusias luar biasa dari mahasiswa yang terbukti sampai sekarang semakin banyak mahasiswa yang menggeluti olahraga pickleball. Saat ini pickleball di tanah air masih dalam tahap pengembangan yang diharapkan dalam waktu dekat olahraga ini bisa tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline