Lihat ke Halaman Asli

Dina Mardiana

TERVERIFIKASI

Penulis dan penerjemah, saat ini tinggal di Prancis untuk bekerja

Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge : Inovatif dan Trendy

Diperbarui: 17 Juni 2015   09:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14269282611285251501

Teknologi Korea saat ini memang sudah tidak bisa diremehkan keunggulannya. Berbagai produk yang memudahkan kenyamanan dan gaya hidup terus diluncurkan oleh perusahaan-perusahaan asal negeri Ginseng yang namanya sudah mendunia. Salah satunya yang sudah kita kenal dan dekat dengan kehidupan sehari-hari sebagai pemroduksi telepon seluler (ponsel) adalah Samsung, perusahaan elektronik yang bermarkas di Daegu, sebuah kota metropolitan yang menjadi penggerak ekonomi negara sejak tahun 1980-an.

Teknologi Kebanggaan Samsung: 4G LTE, Super AMOLED dan Wireless Charging

Perbesaran gambar layar berteknologi AMOLED (foto sumber: wikipedia.org, dijepret oleh Matthew Rollings

Lagi-lagi, seolah berlomba-lomba dengan produsen ponsel dari negara-negara maju lainnya seperti Amerika Serikat dan Jepang, tahun ini Samsung kembali menghadirkan seri baru Samsung Galaxy, yaitu Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge. Dengan menawarkan keunggulan teknologi 4G LTE (Long Term Evolution), pengguna ponsel baru seri Samsung Galaxy 6 dapat mengakses suara dengan kualitas yang lebih jernih,melakukan data browsing, video streaming dan download lagu secara bersamaan dengan kecepatan hingga 299.6 Mbits per detik, tanpa risiko 'ngadat'.Jadi, kalau sebelumnya kita mengenal istilah 3G yang mempermudah pengguna ponsel melakukan video-calling, sekarang ada pula 4G dengan berbagai keunggulan yang saya sebutkan di atas, termasuk bermain online game.  Teknologi ini ternyata diterapkan pertama kali oleh Korea Selatan dengan tingkat penggunanya mencapai 62% ! Angka ini jauh di atas Jepang yang hanya 21,3% dan Amerika Serikat 19%.

Ada satu lagi ciri khas teknologi yang dipelopori Samsung sejak kemunculan seri Galaxy paling awal, berupa layar display berbahan plastik film yang disebut AMOLED. Singkatan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode, merupakan teknologi yang biasanya dipakai pada layar televisi, kamera digital dan ponsel , berupa kumpulan pixel dan matrix aktif yang mengeluarkan cahaya setelah diaktifasi dengan tenaga listrik. Pada Samsung Galaxy S6 dan SEdge, teknologi AMOLED yang digunakan lebih canggih, yaitu Super AMOLED yang membuat layar ponsel lebih peka dengan cara menyentuhnya saja. Keren gila, kan!

1426928066739134878

Teknologi Built-In Wireless: Tidak Perlu Lagi Membawa Powerbank! (foto sumber: dailymail.co.uk)

Keunggulan lainnya yang membedakan Samsung Galaxy S6, S6 Edge dengan Samsung Galaxy S5 dan seri-seri Samsung Galaxy pendahulunya, adalah teknologi built-in wireless charging. Ditambah pula, Anda cukup mengisi ulang baterai 10 menit saja, maka ponsel samsung Galaxy S6 Anda sudah dapat dipakai lagi untuk jangka waktu 4 jam.  Teknologi semacam ini tentunya yang paling penting terutama bagi Anda yang tidak mau repot membawa kabel charger atau powerbank ke mana-mana, apalagi yang pelupa seperti saya, asalkan tidak lupa membawa ponselnya saja, he he...

Beauty Meets Purpose a la Samsung

Selain unggul dalam teknologi, Korea Selatan juga tidak kalah dalam fesyen. Berambisi menjadi salah satu negeri pusat mode dunia, fesyen berkarakter Korea identik dengan modern, minimalis, futuristis namun trendy. Tidak semata dalam berbusana, namun juga teknologinya. Ingin menciptakan kesan bahwa teknologi asal Korea tidak terkesan kaku, melainkan lentur, mengikuti zaman, tetapi tetap berkelas, maka Samsung menelurkan seri Galaxy S6 dan S6 Edge berdisain minimalis namun terlihat  mewah.

Kesan ini terlihat dari bodi ponsel yang ramping, hanya setebal 6,8 mm (S6) hingga 7 mm (S6 Edge) dan bagian sudut ponsel yang melengkung, berlapiskan bingkai logam dengan kaca reflektif.  Tampilan semacam ini bukan tanpa tujuan. Kaca reflektif terbuat dari bahan Corning Gorilla Glass 4 yang bersifat scratch-resistant, atau anti gores, sehingga pengguna merasa aman menggenggamnya tanpa merusak layar dan bodi ponsel.  Ponsel yang ramping dan ringan dari bahan aluminium pun diciptakan dengan maksud agar mudah digenggam dan tidak gampang penyok.

1426927777907548014

Gold Platinum, salah satu pilihan warna Samsung Galaxy S6: mewah dan elegan (foto sumber: id.campaignsamsung.com)
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline