Lihat ke Halaman Asli

Dina Mardiana

Guru Taman Kanak Kanak

Refleksi Aksi Nyata Paket Mdul 3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Diperbarui: 4 November 2021   00:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

PGP-2-Kab.Bandung-Dina Mardiana,S.Pd.I-Aksi Nyata Paket Modul 3

"PROGRAM MORNING STORY”

PERISTIWA (FACT)

Latar Belakang

Bahasa merupakan salahsatu cara yang utama untuk mengekspresikan pikiran atau perasaan.Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini adalah salahsatu aspek dari tahapan perkembangan anak yang diekspresikan melalui pemikiran anak dalam  menggunakan kata kata ataupun kalimat yang menandai meningkatnya kemampuan dan kreatifitas anak sesuai dengan tahap perkembangannya.Pengembangan kemampuan berbahasa bagi anak usia Dini bertujuan agar anak mampu berkomunikasi secara lisan .Pengembangan berbahasa anak Usia Dini meliputi kemampuan memahami Bahasa ( Bahasa Reseptif),  mengungkapkan Bahasa ( Bahasa Ekspresif ) dan Keaksaraan.

Dalam upaya meningkatkan kemampuan berbahasa anak diperlukan stimulus stimulus serta Latihan Latihan.Guru dapat memilih strategi dan metode secara bervariasi tentunya dengan tetap menerapkan prinsip pembelajaran di PAUD yaitu belajar sambil bermain ,bermain seraya belajar.

Banyak metode yang bisa dilakukan dalam upaya mengembangkan kemampuan berbahasa anak. Penerapan Program Morning Story  merupakan suatu upaya untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak di TK BABA.Program ini dilaksanakan dengan mengoptimalkan asset asset / sumber daya yang dimiliki sekolah diantaranya kepala sekolah, guru, murid, orangtua murid ,Sound, micropone serta Alat Peraga sesuai minat anak.

Yang Dilakukan Pada Aksi Nyata

Program Morning Story dirancang dengan menggunakan Tahapan BAGJA dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki sekolah dan senantiasa melakukan Monitoring,Evaluasi,Learning dan Reporting (MELR) agar program yang dilaksanakan benar benar berdampak pada murid.

Aksi nyata ini dilakukan setiap hari pada kegiatan pembukaan sebelum apersepsi.Guru mempersilakan salah satu anak tampil didepan guru dan teman temannya untuk bercerita.Topik yang disampaikan anak bebas sesuai pengalamannya maupun pengetahuan yang dimilikinya.Dalam satu hari 1-2 anak yang tampil sesuai jadwal yang sudah disepakati bersama.

Alasan Melakukan Aksi Nyata

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline