Lihat ke Halaman Asli

Dina Fitriah

Guru Bahasa Inggris MA Nurus Sholah Yosowilangun Lumajang

Guru dalam Proses Belajar Mengajar di Dalam Kelas

Diperbarui: 22 Februari 2023   00:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

  • Situasi di dalam Kelas

Sebagai guru di dalam kelas harus melakukan persiapan sebelum memasuki kelas untuk melaksanakan pembelajaran dengan harapan akan dapat melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan menuntun mereka menuju kodratnya masing -- masing. Persiapan dilakukan sesuai dengan karakteristik, gaya belajar, bakat & minat peserta didik yang ada di dalam kelas yang guru akan melaksanakan pembelajaran.

Guru ketika melaksanakan pembelajaran di dalam kelas berdasarkan Rancangan Pembelajaran. Runtutan rancangan pembelajaran dilaksanakan dengan runtut dengan Time Management yang dijaga oleh guru sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran selanjutnya. Peserta didik di dalam kelas melaksanakan pembelajaran yang dirancang oleh guru dan mendapat pengalaman belajar baru dari guru model dan diharapkan pula pengalaman belajar tersebut dapat di elaborasi oleh peserta didik guna mendapatkan pengetahuan baru.

Guru mendapatkan  pengalaman belajar dan mengajar di dalam kelas dengan perasaan adanya perkembangan dari segi kompetensi yakni profesionalisme, pedagogik kepribadian dan sosial. ke empat perkembangan tersebut diperoleh dari pengalaman perancangan -- pelaksanaan -- rekfleksi yang dilakukan oleh guru model dan guru pamong. Berdasarkan  hasil refleksi yang dilakukan guru model merasakan dan menyadari bahwa masih banyak hal yang perlu dibenahi, di kembangkan dan di hilangkan dari proses pembelajaran yang telah dilaksanakan, sehingga dalam kegiatan pembelajaran selanjutnya bisa terwujud pembelajaran di dalam kelas yang lebih baik.

  • Ide Atau Gagasan Yang Timbul Sepanjang Proses Perubahan

Ide yang muncul pertama kali pada saat proses perencanaan pembelajaran. Guru merancang pembelajaran berdasarkan  karakteristik, gaya belajar, bakat dan minat peserta didik sehingga perangkat pembelajaran yang akan diterapkan bisa applicable untuk peserta didik di dalam kelas. penggunaan materi dan media juga di perhatikan dalam proses penyusunan dengan mencoba mencari sumber yang lebih update dan sesuai dengan peserta didik.

Guru di dalam kelas menemukan inspirasi -- inspirasi baru untuk pembelajaran selanjutnya ketika melaksanakan pembelajaran di dalam kelas. Karakteristik peserta didik di dalam kelas pada 2 pertemuan memiliki perbedaan yang membuat guru menemukan inspirasi baru yang terlihat lebih cocok untuk diterapkan untuk peserta di dalam kelas.

Kegiatan refleksi yang dilaksanakan oleh guru model, teman PPL dan guru pamong memberikan ide baru untuk guru model, karena banyak sekali insight baru bagi guru model untuk dapat melaksanakan pembelajaran selanjutnya lebih baik dan cocok untuk peserta didik di dalam kelas.

  • Pembelajaran dan pengalaman dalam bentuk catatan praktik baik 
    • Guru merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakteristi, gaya belajar, bakat dan minat peserta didik.
    • Guru melaksanakan pembelajaran di dalam kelas sesuai dengan rancangan pembelajaran yang telah dibuat.
    • Guru mengamati karakteristik peserta didik didalam kelas, mengolah assesmen peserta didik untuk pembelajaran selanjutnya.
    • Guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang dilaksanakan.
    • Guru melaksanakan pembelajaran dengan bekal pengalaman pembelajaran dan hasil perbaikan refleksi sebelumnya.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline