Lihat ke Halaman Asli

Dina Fitria Amalia

Mahasiswa S1 PPKn Universitas Jambi

Pentingkah SAD Menempuh Pendidikan ?

Diperbarui: 13 Maret 2023   21:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Fokus pemerintah pada saat ini ialah melakukan pemerataan pendidikan. Di mana semua pihak berkesempatan memperoleh wajib belajar 12 tahun. 

Hal ini sejalan dengan Permendikbud No 19 tahun 2016 Pasal 2 huruf a yaitu usia wajib belajar adalah 6 (enam) tahun sampai dengan 21 (duapuluh satu) tahun atau tamat satuan pendidikan menengah sebagai rintisan wajib belajar 12 tahun. Kemudian UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional khususnya pasal 6 ayat 1. Peraturan tersebut menyatakan bahwa warga negara diwajibkan mengikuti wajib belajar 12 tahun atau sampai jenjang pendidikan menengah atas.

Berdasarkan pernyataan tersebut, maka dapat dinyatakan sangat penting suku anak dalam (SAD) menempuh pendidikan, dikarenakan harapannya bagi negara kita adalah menciptakan SDM yang berintelektual, cerdas, kritis, bermoral, serta berkualitas.

Dan hak tersebut tidak hanya didapatkan oleh sebagian masyarakat saja, akan tetapi seluruh lapisan masyarakat juga berhak mendapatkan pendidikan, termasuk suku anak dalam (SAD)

Tentunya hal ini memerlukan kerjasama yang baik antara semua pihak agar hasil yang diperoleh menjadi maksimal. Ketika proses mendidik suku anak dalam (SAD) ini dapat diimplementasikan dengan baik secara signifikan tentu akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Pada dasarnya suku anak dalam (SAD) tidak mengerti dan tidak mau peduli mengenai persoalan pendidikan, bagi mereka pendidikan adalah sebuah ancaman yang akan merusak adat dan budaya mereka.

Akan tetapi, lambat laun pemikiran mereka pun berubah dikarenakan ada agen yang memasuki daerah mereka lalu mencoba memberikan pemahaman serta edukasi yang sedikit bisa merubah pola pikir mereka.

Kehidupan mereka yang eksotik serta uni telah menjadi ciri khas keberagaman di Indonesia. Dari keberagaman itulah harapan kita semua dapat menciptakan SDM yang berkualitas. 

Maka dari itulah sangat penting bagi SAD memperoleh pendidikan yang layak. Beberapa upaya pemerintah di antaranya adalah :

1. Memberikan beasiswa terhadap mereka yang berkeinginan untuk menempuh pendidikan.

2. Menyediakan sarana dan prasarana sebagai fasilitas mereka untuk menempuh pendidikan dasar di daerahnya masing-masing.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline