Lihat ke Halaman Asli

Dina fatmala

Mahasiswi di Univertas Pendidikan Indonesia

Pola Hidup Masyarakat

Diperbarui: 9 Maret 2023   20:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pola hidup Masyarakat dapat dikaitkan dengan perubahan sosial karena masyarakat mulai berpikiran maju. Di zaman yang serba maju ini kita dintuntut untuk mengerti sosial media atau pun teknologi, namun kita bisa juga harus tetap menghormati kebudayaan negeri kita.

Bagaimanapun budaya yang ada di sekelompok masyarakat adalah suatu nilai dan tradisi kita. Selama hal tersebut masih dianggap cocok dalam keadaan sekarang ini. Sama halnya dengan perubahan, selama perubahan tersebut tidak berpengaruh buruk terhadap masyarakat itu sendiri semua akan baik-baik saja.

Berikut merupakan contoh-contoh perubahan sosial yang terjadi disekeliling kita :

- Cara Berpakaian

Cara berpakaian ini sangat umum di kalangan masyarakat Indonesia. Terlebih lagi perkembangan Westernisai (budaya kebarat- baratan) dan dunia Kpop (Korean Pop) yang banyak di ganderungi hampir sebagaian masyarakat Indonesia terlebih kaum milenial.

- Komunikasi

Perubahan sosial mengenai komunikasi ini juga sudah seperti sebuah kebiasaan di kalangan masyarakat. Karena adanya teknologi yang semakin terdepan maka kita bisa mengggunakan hp dalam berkomunikasi.

- Transportasi yang setiap hari bisa digunakan dalam bekerja, ke sekolah, kuliah, jalan – jalan dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu, adapula dampak negatifnya yaitu adanya polusi dimana – mana yang meresahkan pula.

- Makanan.

Adanya berbagai makanan yang berbeda-beda di berbgai belahan dunia yang sudah semakin berkembang di berbagai negara pula sepeti halnya di Indonesia, di Indonesi sendiri banyak makanan - makanan Western dan Asia yang sudah seperti makanan sehari hari bagi lidah masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline