Lihat ke Halaman Asli

Dina Amalia

Penulis, Bouquiniste

Mengenal "Gamophobia", Ketakutan untuk Menikah dan Berkomitmen

Diperbarui: 7 Agustus 2024   11:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Foto: Freepik/Yanalya (Ilustrasi Gamophobia)

'Pernikahan' atau 'Menikah' menjadi wujud keseriusan dalam sebuah hubungan. Setiap individu tentu ingin menapaki janji suci yang diikat dengan komitmen besar, terlebih ketika sudah menjalin hubungan dengan kekasih dalam beberapa waktu yang cukup lama.

Namun, tahukah kamu bahwasannya ada ketakutan yang amat berlebih terhadap menikah dan berkomitmen. Rasa ketakutan ini disapa dengan sebutan 'Gamophobia', yang di mana seseorang memiliki rasa takut secara berlebih terhadap 'pernikahan' dan menjalankan 'komitmen' dengan pasangannya. Ketakutan ini cukup kuat sekali, sehingga kerap dihantui rasa 'mustahil' untuk bisa menjalin suatu hubungan dengan jangka yang panjang.

Kata gamophobia sendiri dikenal melalui bahasa Yunani, yakni 'Gamos' yang memiliki arti 'Pernikahan' dan 'Phobos' yang memiliki arti fobia.

Bagi sebagian orang mungkin hanya sering mendengar keenganan seseorang untuk menikah dan bisa jadi baru mendengar istilah Gamophobia ini.

Mewarta dari Cleveland Clinic dan Halodoc, perlu diketahui, bahwasannya fobia ini lebih dari sekedar rasa 'berhati-hati' alias agak enggan untuk menjalankan komitmen yang besar terhadap suatu hubungan.

Pengidap fobia ini selalu dihantui rasa takut bahwa 'kehidupan after menikah memiliki dan lebih sulit untuk mempertahankan sebuah hubungan dalam jangan yang panjang'. Sebagian pengidap juga memiliki anggapan, bahwasannya ketika memilih untuk menikah 'hanya menambahkan beban atau masalah baru saja'. Pada intinya, pengidap tidak menginginkan terjebak pada sebuah hubungan yang menurutnya rumit.

Penyebab Umum Gamophobia

Sebab utama dari fobia ini tentu beragam sekali dan tidak dapat disamaratakan pada setiap pengidap.

Melansir dari IHC, meski sebab utama gamophobia beragam, namun mayoritas ketakutan yang dimiliki pengidap berasal dari pengalaman yang sama, yakni pengalaman saat menjalin sebuah hubungan percintaan yang tidak berjalan dengan mulus bahkan mendapatkan perlakuan yang buruk, atau melihat pengalaman 'masalah percintaan orang terdekat' yang mungkin pernah berakhir buruk.

Selain mayoritas penyebab utama di atas, berikut beberapa hal yang juga menjadi penyebab dari gamophobia:

1. Riwayat keluarga

Penyebab umum dan biasanya menjadi pengalaman awal yang dirasakan, yakni dari riwayat keluarga, seperti melihat pertengkaran orang tua hingga harus menerima kenyataan bahwa orang tuanya lebih memilih untuk bercerai.

2. Trauma pelecehan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline