PT. Victoria Care Indonesia / VICI adalah Perusahaan yang bergerak dibidang produksi, pemasaran, dan distribusi produk kesehatan, kecantikan, dan perawatan tubuh dengan berbagai merek produknya yang sudah familiar dikalangan pasar kecantikan Indonesia dan memiliki reputasi yang baik.
Perusahaan ini didirikan pada tahun 1988 dan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 2007, dan pada Desember 2020 PT Victoria Care Indonesia resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham VICI. Produk unggulan, VICI menawarkan beragam produk yang meliputi kesehatan yaitu hand sanitizer, antiseptik, dan produk terkait kebersihan lainnya. Sedangkan kecantikan meliputi kosmetik dan produk perawatan wajah lainnya. Dan yang terakhir yaitu perawatan tubuh meliputi sabun, lotion, deodorant, dan shampo.
Tujuan dari pembuatan artikel ini guna mengevaluasi ke-efektivitasan pada penggunaan influencer dalam memperkenalkan produk kecantikan lokal kepada konsumen.
Analisis ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak yang dihasilkan influencer dalam menciptakan kesadaran merek dalam memperluas jangkauan audiens untuk meningkatkan interaksi dan kepercayaan audiens terhadap produk kecantikan yang ditawarkan oleh Victoria Care Indonesia (VICI) yang diharapkan dengan adanya strategi ini dapat mendukung pertumbuhan dalam penjualan serta penguatan posisi merek lokal dipasar kecantikan Indonesia.
Pada Senin, 11/11/24 Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta khususnya Prodi Manajemen melakukan kunjungan industri ke pusat PT Victoria Care Indonesia Tbk yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Kegiatan kunjungan ini dilakukan guna melengkapi dari rangkaian Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bagi mahasiswa/i semester lima (5) UMY. Program ini dilakukan agar para mahasiswa/i dapat mengetahui bagaimana proses produksi hingga pemasaran terhadap produk tersebut dan mengetahui cara strategi promosi apa saja yang diupayakan oleh Perusahaan tersebut.
Artikel ini menganalisis bagaimana PT Victoria Care Indonesia menggunakan strategi digital melalui influencer untuk memasarkan produk Herborist dan memperkuat posisinya di pasar kecantikan lokal. Brand Awareness merupakan tingkat pengenalan konsumen terhadap suatu merek yang mempunyai peran penting dalam mempengaruhi keputusan pembeli.
Dalam industri kecantikan, di mana persaingan merek sangat ketat dengan kesadaran tinggi sering kali menjadi pilihan utama konsumen. Herborist memanfaatkan kekuatan brand awareness untuk menonjolkan nilai-nilai produk berbasis herbal dan lokal.
Strategi digital marketing melalui influencer dimulai dari pemilihan influencer yang tepat, melakukan kampanye media sosial dengan menonjolkan narasi produk kecantikan lokal, dan membuat konten video yang menarik dan informatif. Adapun keuntungan strategi influencer marketing bagi Herborist yaitu meningkatkan kredibilitas, keterlibatan konsumen yang tinggi, efisiensi biaya, dan memiliki jangkauan yang luas.
Strategi digital marketing melalui influencer telah memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan brand awareness Herborist sebagai merek kecantikan lokal berbasis herbal. Dengan memilih influencer yang relevan, menciptakan konten kreatif, serta memanfaatkan platform media sosial secara efektif, PT Victoria Care Indonesia berhasil menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan interaksi dengan konsumen. Untuk mempertahankan momentum ini, Herborist perlu terus berinovasi dalam kampanye digitalnya dan memperluas kerjasama dengan berbagai influencer yang mewakili nilai-nilai merek mereka. Dengan demikian, Herborist dapat memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam pasar kecantikan lokal di Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H