Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Jenis/Macam Tipe Processor AMD dan Intel

Diperbarui: 8 Oktober 2015   16:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tipe dan perkembangan processor komputer

Bagaimana jika kita tidak punya otak, apakah kita bisa melakukan aktivitas secara normal? Otak adalah bagian penting dalam diri kita, tanpa otak mungkin kita tidak bisa melakukan apa-apa, sama halnya dengan robot. Kita bisa berjalan, makan dan minum hanya karena perintah orang lain atau remote. Jika kita punya otak, kita bisa mengontrol sendiri apa yang kita inginkan. Bagaimana dengan komputer yang sering kita gunakan, apakah juga memiliki otak seperti manusia?

 

Taukah Anda apa itu processor?
Jika kita berbicara soal otak manusia, kita juga akan menyinggung dan membicarakan otak komputer. Komputer juga memiliki otak yang dinamakan processor, dengan otak ini maka komputer bisa digunakan untuk pengolahan data. Sama halnya dengan otak kita, saat menerima input maka processor akan mengolahnya menjadi output yang dibutuhkan pengguna. Processor juga menjalankan berbagai perintah yang masuk dari pengguna. Processor pada umunya ditempatkan pada matherboard dan ada beberapa jenis processor yang bisa ditempatkan di komputer.

 

Semakin baik kualitas processor dalam komputer, laptop ataupun notebook, maka semakin bagus kinerja komputer atau laptop tersebut. Di pasaran beberapa jenis processor yang sangat terkenal dan bersaing adalah Intel dan AMD. Kedua processor ini memang memiliki kualitas yang cukup bagus, bahkan beberapa perangkat yang menggunakan processor ini harganya lebih mahal. Kualitas kedua processor ini mendukung kinerja komputer jauh lebih baik. Masing-masing processor memiliki tipe yang berbeda, jika ingin membel laptop, notebook ataupun komputer yang berkualitas, pastikan Anda mengenal tipe-tipe dari processor terlebih dulu.

 

 

Berikut tipe-tipe processor komputer yang bisa Anda pertimbangkan:

 

A. Processor Intel
Intel adalah processor yang dikeluarkan oleh perusahaan teknologi ternama yaitu Intel Corporation. Perusahaan yang berpusat di Amerika Serikat ini memiliki cukup banyak tipe processor diantaranya Microprocessor 4004, 8008, 8080, 8086 dan 286. Selain itu tipe processor intel lainnya adalah intel pentium processor, intel pentium pro processor, intel Cerelon Processor 1999, intel core i3, intel core i5, intel core i7 dan masih banyak lagi tipe processor intel yang digunakan dipasaran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline