Seiring perkembangan zaman dan teknologi, banyak perusahaan berlomba-lomba melakukan inovasi. Berbagai sektor yang menerapkan perkembangan Teknologi, mulai dari sektor informasi, keuangan, telekomunikasi dan masih banyak lagi.
Nah, yang sedang marak sekarang ini adalah sektor transportasi online. Kehadiran transportasi online ini sangat membantu pengguna dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya. Khususnya pengguna di daerah yang sulit untuk mendapatkan transportasi secara cepat, mudah dan tentunya up to date dong.
Jika berbicara soal Transportasi Online ini tidak ada habisnya di perbincangkan di Indonesia. Pada awal perilisannya, terjadi Pro Kontra karena adanya transportasi online ini.
Cerita Pengalaman Pribadi
Dulu ketika saya ingin pergi ke suatu tempat, saya harus berjalan sekitar 500 meter untuk mendapatkan kendaraan umum. Pertanyaan saya, kenapa harus "Ngetem" dan harus mencatat nomornya agar bisa di jemput. Itu kalau kita sudah pernah menggunakannya, kalau belum? Apalagi tidak adanya aplikasi yang bisa memberikan saran dan kritik kepada si driver.
Bagaimana kalau ingin memesan makanan atau pengantaran barang. Yaa, mau gak mau kita harus beli sendiri lah dan mengantarkan barang sendiri. Kalau bicara bisnis kecil seperti saya, repot lagi bukan? Bagaimana kalau barang yang dikirimkan hanya satu? Kita harus mengantarkannya sendiri kan. Repot sekali menurut saya!
Dengan adanya transportasi online bukan berarti sobat tidak lagi menggunakan transportasi umum. Transportasi konvensional bisa kita butuhkan ketika dalam keadaan mendesak kok. Perlu diingat! Semua tergantung dari penggunanya sendiri.
Lalu, transportasi online mana yang lebih recomended?
Pada awal rilisnya, banyak sekali brand atau pelaku bisnis yang membuka bisnis transportasi online. Salah satu yang sangat populer dan bertahan hingga saat ini adalah GRAB. Transportasi online ini hadir di Indonesia pada tahun 2014, dengan layanan terbaik seperti GrabBike, GrabCar, dan GrabFood.
Dari laman resminya, Grab sudah berkontribusi dalam industri transportasi Tanah Air dengan bekerja sama dengan pihak pemerintah Indonesia dalam mengatasi berbagai tantangan keuangan dan transportasi di Indonesia. Serangkaian layanan transportasi yang lengkap dan inovasi teknologi, Grab berkontribusi dalam membuat perjalanan lebih mudah, aman dan efisien dengan mengurangi waktu perjalanan hingga 64% dibandingkan transportasi umum di Indonesia.