Lihat ke Halaman Asli

Dimas Wibisono

Im a Fallen Trees

Pengalaman Mengakses Media Sosial

Diperbarui: 26 April 2021   23:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebagai kaum muda saya tidak asing membutuhkan media sosial kapanpun dan dimanapun, Saya Dimas seorang mahasiswa tingkat tengah di Universitas Ahmad Dahlan akan membagi cerita dan tidak lupa untuk sharing tentang media social yang saya sering pakai setiap hari. Sebelum itu Media social adalah suatu Media daring yang memudahkan para penggunaannya untuk melakukan interaksi sosial secara online. Disana mereka bisa berkomunikasi , networking, berbagi dan banyak kegiatan lainnya, Media daring yang sering digunakan saat ini adalah Instagram, Facebook, Youtube, witter, dan lain lain.

Media daring ini juga sering kali disebut sebagai social media atau sosmed padahalmenurut kaidah dan hukum pembentukan istilah bahasa Indonesia itu  menganut kaidah DM atau Diterangkan Menerangkan sedangkan bahasa Inggris MD atau  Menerangkan Diterangkan. Contoh , kalau dalam bahasa inggris istilah "small eyes" dalam bahasa Indonesia berarti mata kecil bukanlah kecil mata. Kalau dalam bahsa inggris "social media" maka jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia akan menjadi media sosial bukannya sosial media.

Berikut Sosial Media menurut para ahli :

Muhammad Yusuf, Henderi, dan Yuliana Isma Graba(2007), Sosial Media adalah situs jaringan sosial seperti layanan berbasis web yang memungkinkan setiap orang bisa membangun profil publik bahkan semi publik dalam sistem terbatas. Media daring ini juga dapat digunakan untuk mengetahui daftar pengguna yang sedang terhubung dengan mereka dan menjelajahi daftar koneksi yang dibuat orang lain dengan menggunakan suatu sistem.

Adapun Proyek Kolaborasi , di situs ini para penggunanya vbisa menambah, mengubah, bahkan,  menghapus suatu konten yang tersedia. Contohnya adalah Wikipedia. Lalu ada Blog dan Mikroblog , Disini para pengguna bisa mengekspresikan dan mneyampaikan suatu hal dengan bebas seperti curhat atau bahkan memberikan kritik terhadap kebijakan pemerintah, Contohnya adalah Twitter,

Konten, Para pengguna situs web jenis ini bisa saling berbagi konten-konten media seperti gambar , video , dan buku elektronik. Contoh situs webnya adalah You Tube. Situs jejaring sosial adalah aplikasi yang ada dalam jenis media sosial ini terdapat izin untuk pengguna agar bisa terhubung dengan pengguna lainnya. Caranya dengan membuat informasi pribadi seperti videodan foto foto. Salah satu contoh jenis ini adalah Facebook.

Media sosial ini juga mempunyai fungsi antara lain yaitu :

1. Interkasi Sosial, Interaksi sosial adalah berbagai hubungan sosial yang bersangkutan dengan hubungan individu dan individu, individu dan kelompok, serta kelompok dan kelompok. Para pengguna bisa melakukan interaksi sosial secara online dengan mudah.

2. Personal Branding, Personal Branding adalah sebuah cara untuk memasarkan diri atau imej secara individu. Personal branding ini tidaklah sama dengan memasarkan diri dan karier namun lebih menekankan bahkan mereka akan sukses lewat self packaging.

3. Media Komunikasi, Media sosial bisa digunakan untuk media komunikasi dan tempat membangun relasi antar pengguna. Sesama pengguna bisa erkomunikasi jarak jauh karena media sosial mempunyai jangkauan global.

Berikut adalah tujuan menggunakan media daring yang satu ini : 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline