Lihat ke Halaman Asli

Dimas Riyadh Alfajri

profesi saya mengedit dan mengcoding

Steganografi dan Edukasi untuk Masyarakat akan Kejahatan Terselubung dengan Teknik Steganografi

Diperbarui: 11 Januari 2023   09:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi gambar steganografi (Sumber gambar : canva.com/design)

Disusun oleh :

Dimas Riyadh Alfajri

312010029

Apa sih Steganografi itu?

Steganografi berasal dari Bahasa Yunani yang berarti "steganos" yaitu tersembunyi/terselubung atau bisa juga menyembuyikan.

Istilah dari Steganografi adalah seni dan ilmu menulis pesan tersembunyi atau menyembuyikan pesan dengan suatu cara, sehingga selain pengirim dan si penerima tidak ada orang satu pun yang mengetahui pesan rahasia tersebut. sebaliknya, Kriptografi itu dapat menyamarkan art dari suatu pesan, tetapi tidak menyembunyikan bahwa ada suatu pesan.

Pada umumnya, pesan yang terdapat dalam steganografi itu muncul dengan bentuk lain berupa gambar, artikel, daftar belanjaan atau struk, atau pesan-pesan lainnya. pesan yang tertulis ini merupakan yang menyembunyikan atau menutupi. contohnya, suatu pesan bisa di sembunyikan dengan menggunakan tinta yang tidak terlihat di antara garis-garis yang kelihatan.

Sedangkan tujuan dari Steganografi adalah menyembunyikan keberadaan suatu pesan tersembunyi atau sebuah informasi.

Teknik Steganografi juga melibatkan banyak sekali metode komunikasi untuk menyembunyikan pesan rahasia seperti teks atau gambar di dalam berkas-berkas lainnya yang mengandung teks, image serta audio pun menunjukan ciri-ciri perubahan yang nyata atau terlihat dalam kualitas dan struktur dari berkas semula.

Teknik Steganografi juga di sebut dengan Teknik Hidden Message, apa sih Hidden Message?  yaitu teknik yang dapat mengijinkan para pengguna atau user untuk menyembunyikan suatu pesan di dalam pesan yang lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline