Lihat ke Halaman Asli

Tips Memilih Tablet PC Sesuai Kebutuhan

Diperbarui: 18 Juni 2015   00:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Berencana membeli tablet dalam waktu dekat ini? Baca dulu tips ini supaya mendapat tablet PC sesuai kebutuhan. Tips berikut ini akan mengulas apa saja yang harus anda ketahui sebelum membeli tablet PC terbaik sesuai incaran anda. Ok apa saja yang harus anda pertimbangkan sebelum membeli tablet PC terbaik yang pas sesuai kebutuhan?


  1. Besarnya Tablet PC.

Tablet PC  terbaik pada umumnya mempunyai besar layar mulai dari 7 inchi, sampai sekitar 10,2 inchi. Sebelumnya ada yang 5 inchi milik pabrikan  Dell dengan Streak-nya apa coba? Gagal penuh dipasar. Alasannya layar 5 inchi terlalu kecil untuk main game maupun untuk melihat video.

2.Sistem Operasi atau OS

Pilihlah OS untuk tablet anda,  sekarang memang cuma ada 2 sistem operasi yaitu Android dan iOS. Pilih mana tablet Android tablet  iOS  yang artinya  iPad?  kalau kita lihat karakteristiknya , dua OS ini memang berbeda. iOS itu tertutup alias tidak diperbolehkan pihak lain untuk mengubah-ubah isinya. Sedangkan Android bersifat open source. Setiap vendor kemudian membuat costom version yang disesuaikan dengan perangkat android buatannya sendiri. Itu sebabnya perangkat Android saling terhubung terikat terkait dengan mudah, meskipun mereka dari pabrikan yang berbeda.

3.Spesifikasi Tablet

Nah, ini yang biasanya menjadi sumber kegalauan terbesar ketika kita bingung memilih tablet terbaik untuk kebutuhan kita . Processor quad-core katanya tidak efektif karena tenaganya terlalu besar untuk mengerjakan hal-hal yang biasa saja.  Kalau anggaran tidak terbatas, mau pilih tablet yang apapun tidak masalah, tapi kalau anggaran kita nanggung, itu yang jadi masalah. Kalau anggaran terbatas kan gampang tidak usah pilih – pilih ambil saja yang murah. Slesai kan?

4.Konektivitas

Nah, masalah konektivitas ini juga layak dipertimbangkan. Paling tidak anda bisa mempunyai tablet yang lumayan ramah alias mudah terhubung dengan perangkat lain.

5.Kapasitas Baterai

Baterai berkapasitas besar akan menjamin anda bisa menggunakan tablet untuk waktu yang lebih lama. Mengingat ada kecenderungan orang menggunakan tablet untuk menggantikan laptop, maka kemungkinan untuk aktif lebih lama merupakan nilai lebih dari tablet pilihan anda .

6.Garansi dan Layanan Purna Jual

Ini berkaitan dengan merk. Kalu merk tablet anda masih baru, belum dikenal banyak orang, mungkin memang merk itu baru buka cabang, atau malahan benar – benar perusahaan baru yang jaringan service nya belum bagus di kota anda. Garansi dari toko bisa jadi cukup. Tapi kalau masalah tablet anda berat, maka garansi dan layanan purna jual adalah hal yang layak anda pertimbangkan.

7.Harga

Harga adalah factor utamadan sensitive apabila kita mau membeli sesuatu. Tidak terkecuali dengan tablet. Pikir dulu matang – matang, seperlu apa anda beli tablet ini? Hanya untuk gaya – gayaan, atau memang memerlukannya? Tablet itu barang canggih yang menuntut pengguna yang juga canggih. Kalau anggaran anda tidak mencukupi, masih ada kebutuhan lain yang prioritasnya lebih tinggi. Toh seperti produk – produk elektronik lainnya, harga tablet ini semakin hari semakin murah. Menunggu dan bersabar beberapa hari, minggu, bulan akan membuat anda bisa memilih tablet terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan anda, jangan terburu – buru untuk membeli yang akhirnya akan membuat anda membeli tablet yang terlalu mahal atau bahkan terlalu buruk.

Demikian tips ini semoga bermanfaat bagi anda yang akan membeli tablet dan lebih bijak dalam memilih dan memilah tablet terbaik untuk anda gunakan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline