Lihat ke Halaman Asli

dimas irfan ilhami

Mahasiswa PMM UMM 2024

Mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang Mengedukasi siswa SDN Sumberbendo Tentang Manfaat Hidroponik, dan Pemanfaatan Sampah Daur Ulang

Diperbarui: 8 Agustus 2024   19:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PMM UMM Gelombang 4 Kelompok 5

Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Kembali menunjukan komitmenya dalam mendukung Pendidikan dan kesejahteraan Masyarakat.Kali ini,mahasiswa PMM UMM melakukan kegiatan edukasi kepada siswa SDN Sumberbendo, Kecamatan mantup, Kabupaten Lamongan, tentang manfaat Hidroponikdan pemanfaatan barang daur ulang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan, dan kreativitas siswa dalam mengelola sumber daya alam yang ada di sekitar mereka.

           Tim PMM UMM Bhaktiku Negeri gelombang 4, kelompok 5 yang beranggotakan Fitra Dinataly, Dimas Irfan Ilhami, Ema Lenita Anjelina, Reni Nur Latifah, Wanda Aprilia dengan dosen pembimbing lapangan (DPL) Titik Agustiyaningsih, S.kep,Ns.M.Kep  sukses melangsungkan kegiatan pengabdian masyarakat.Kegiatan yang berlangsung pada 18 Juli, 2024 sampai 19 Agustus, 2024 di SDN Sumberbendo, kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan tersebut mengusung tema kegiatan, “Edukasi tentang Manfaat Hidroponik,dan Pemanfaatan Sampah Daur Ulang”

PMM UMM Gelombang 4 Kelompok 5

            Kegiatan ini diawali dengan presentasi interaktif yang memperkenalkan konsep-konsep dasar hidroponik sederhana  dan dengan media tanam dari barang bekas. Selanjutnya mahasiswa PMM UMM memandu siswa dalam praktek langsung membuat media tanam atau pot dari botol bekas yang siswa kumpulkan dari limbah pembuangan, dan Memulai penyemaian bibit tanaman dengan media rockwool. Setelah bibit mulai tumbuh mahasiswa PMM UMM mengarahkan para siswa untuk pemindahan bibit kedalam pot botol dengan media tanam air.

            Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka terlihat sangat bersemangat saat mencoba merakit sistem hidroponik,dan mengkreasikan barang daur ulang. Para guru SDN Sumberbendo juga sangat mendukung kegiatan ini karena dapat memberikanpengetahuan dan keterampilan baru bagi mahasiswa.

PMM UMM Gelombang 4 Kelompok 5

            Kegiatan edukasi tentang manfaat hidroponik dan pemanfaatan barang daur ulang oleh mahasiswa PMM UMM Universitas Muhammadiyah Malang di SDN Sumberbendo,Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan ini merupakan Langkah nyata dalam meningkatkan kesadaran lingkungan dan kreativitas siswa. Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa dapat lebih peduli terhadap lingkungan sekitar dan mampu mengaplikasikan ilmu yang mereka peroleh dalam kehidupan sehari-hari.

PMM UMM Gelombang 4 Kelompok 5

            Universitas Muhammadiyah Malang terus berkomitmen untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui berbagai program edukatif yang bermanfaat dan inspiratif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline