Lihat ke Halaman Asli

Meta Umumkan Horizon OS, Gandeng Asus, Lenovo, dan Xbox!

Diperbarui: 23 April 2024   13:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Meta

Meta kini semakin serius dalam industri mixed-reality. Baru-baru ini mereka mengumumkan ekosistem hardware terbaru Horizon OS sebagai era baru Mixed reality. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan yang dipimpin Mark Zuckerberg itu menggandeng Asus Republic of Gamers, Lenovo, dan Microsoft melalui Xbox.

Horizon OS, OS Mixed Reality Terbaru Meta untuk Device Pihak Ketiga

Sumber: Meta

Diumumkan melalui laman resmi, pemilik Facebook dan Whatsapp itu mengumumkan Meta Horizon OS. OS tersebut bisa terpakai oleh pembuat gaming headset pihak ketiga.

"Meta Horizon OS menyatukan teknologi inti sebagai tenaga pengalaman mixed reality zaman sekarang dengan deretan fitur yang menaruh kehadiran sosial di tengah platform, Ini adalah hasil dari kerja keras Meta selama satu dekade untuk membangun platform computing next-gen," tulis pihak Meta.

Sistem terbuka ini memudahkan pengembang untuk mengakses teknologi seperti tracking mata, wajah, tangan dan tubuh serta passthrough resolusi tinggi. Pihaknya menyebut seluruh headset mendatang dapat terkoneksi melalui aplikasi Meta Quest di ponsel iOS dan Android.

Tampaknya keputusan ini sekaligus memanaskan perang industri headset dengan Meta dan paling terbaru Sony. Apple sudah merilis Apple Vision Pro pada di Amerika Serikat pada 2 Februari lalu dan mendapat respon beragam. Sementara itu, Sony diharapkan akan merilis MR headset-nya pada akhir 2024.

Gandeng Asus, Lenovo, dan Xbox

Sebagai bagian dari pengumuman ini, Meta mengumumkan pihaknya telah bermitra dengan Asus melalui Republic of Gamers, Lenovo, dan Microsoft melalui Xbox. Ketiga perusahaan teknologi tersebut sudah mengerjakan headset berbasis Meta Horizon OS.

Sumber: Meta

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline