Lihat ke Halaman Asli

Dimas Fani

Dimas Fani

Metodologi Memahami Islam

Diperbarui: 25 Juni 2021   16:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengetahui Metodologi Memahami Islam (unsplash/abdullah-oguk)

Kelompok 1

Pengertian agama islam Agama adalah percaya adanya tuhan yang Maha Esa dan mempercayai hukum- hukumnya. Makna agama dibagi menjadi 2 yaitu agama samawi dan agama ardhi Agama samawi adalah agama dari langit sedangkan Agama ardhi adalah berkembang berdasarkan Daya,Daerah dan pemikiran seseorang melalui perantara yang diterima secara global. Islam adalah mengimani satu tuhan yaitu Allah

Tujuan agama islam Islam berasal dari kata salam yang berarti kesejahteraan atau keselamatan Tujuannya memberi keselamatan atau kesejahteraan didunia dan diakhirat bagi umatnya. Islam juga bertujuan sebagai umatnya. Islam juga bertujuan sebagai pembimbing didunia dan diakhirat bagi umatnya. Terdapat agama terbesar 1. Islam 2. Kristen 3. Budha 4. Saminisme 5. Konghucu 6. Baha'i 7. Yahudi 8. Jainisme 9. Gerakan agama baru 10. Shintosme

Baca juga : Hak dan Kewajiban Warga Negara: Pandangan Dalam Nilai-Nilai Islam serta Al Quran

Metodologi memahami islam Islam merupakan agama yang sangat kompleks. Memahami pun dibutuhkan cara yang tepat agar dapat tercapai suatu pemahaman yang utuh. Ada sejumlah orang yang pemahamannya cukup luas Namun,tidak terkoordinasi dan tidak tersusun secara sistematik. Hal ini disebabkan karena orang tersebut ketika menerima ajaran islam tidak sistematik dan tidak keorganisasikan.

Jenis-jenis metode dalam memahami islam ulumul tafsir,ulumul Hadist,filsafat dan teologi,tasawuf dan mistis islam kaiian figh dan Agidah usulian, pemikiran dan tidak keorganisasikan. 

Jenis-jenis metode dalam memahami islam ulumul tafsir,ulumul Hadist,filsafat dan teologi,tasawuf dan mistis islam ,kajian fiqh dan Aqidah usulian, pemikiran modern, pendidikan islam,tekstual dan kontekstual,dan muqoronah Mad Zhab Metode tipologi adalah memahami islam berdasarkan topik atau tema tertentu kemudian dibandingkan dengan agama lain dengan tema atau topik yang sejenis.

Baca juga : Hak Asasi Manusia dalam UUD dan Al-Quran

Cara metode tipologi mengidentifikasi 5 aspek agama membandingkan kelima aspek agama tersebut dengan aspek agama lain. 5 aspek diantaranya tuhan,Nabi/Rosul, kitab suci, situasi kemunculan nabi, individu pilihan. 

5 langkah metode tipologi memahami Allah SWT,memahami islam dari Al-qur'an, memahami islam dari Nabi Muhammad SAW,meneliti suasana dan situasi kebangkitan Nabi,mempelajari kader- kader Nabi. 

Metode pembelajaran islam tidak hanya pada kajian teks dan mempertontonkan keindahan konsep islam sebatas wacana melainkan harus mencakup pembinaan penalaran,perenungan,penghayatan, dan pengama lan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline