Lihat ke Halaman Asli

Self Love

Diperbarui: 20 September 2022   21:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Nama               : Dimas Darmawan

Nim                 : 202210230311289

 

 

Self love

Apa itu self love? self-love adalah apresiasi pada diri sendiri. Perasaan ini tumbuh dari kegiatan-kegiatan yang mendukung pertumbuhan fisik, psikologis, dan spiritual. Mencintai diri sendiri berarti kamu menghargai kesejahteraan dan kebahagiaanmu sendiri.

Aspek apa saja yang penting terkait self love?

  • Self -- awareness

Self awareness adalah hal utama yang harus diasah, yang merupakan sikap untuk berupaya memerhatikan pikiran, perilaku, perasaan, dan dampaknya terhadap orang lain. Yang juga merupakam kesadaran diri seseorang akan proses berpikirnya. Proses berpikir seperti bagaimana pikiran mempengaruhi individu, dan bagaimana pengaruh emosi terhadap tindakan individu. Menurut penelitian Tasha Eurich PhD, seseorang yang memiliki self awareness dinilai lebih percaya diri dan lebih sukses dalam hubungan maupun pekerjaannya, disimpulkan seseorang yang memiliki self awareness yang baik seperti lebih percaya diri, lebih kreatif, membangun relasi lebih kuat, berkomunikasi lebih efektif, dan membuat keputusan yang baik. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningktkan self awareness yaitu memberanikan diri untuk keluar zona nyaman, menciptakan keharmonisan kebersamaan dalam bekerja, saling bertukar pendapat, dan ingin tahu.

  • Self -- worth

Self worth merupakan keyakinan terhadap diri sendiri, ketika seseorang menyadai bahwa dirinya berharga terhadap pencapaiannya atau kualitas yang dimilikinya. Self worth lebih menekankan bahwa diri sendiri adalah orang yang baik dan berguna, lebih kepada bagaimana kita menghargai diri kita.

  • Self -- esteem

Berbeda dengan self worth, self esteem lebih terikat pada kualitas dan pencapaian yang dimiliki individu, ketika saat individu merasa puas dan nyaman dengan siapa ia sebenarnya, dimana ia berada, hingga hal -- hal yang dimilikinya. Seperti happy dengan karakter dan kemampuan anda. Salah satu ciri self esteem yaitubertindak secara mandiri. Mereka dengan harga diri yang tinggi akan membuat pilihan dan mengambil keputusan tentang masalah dirinya sendiri.

  • Self -- care

Individu dapat melakukan hal hal yang ia sukai untuk menjaga kesehatan dirinya, self care juga merupakan tindakan yang dilakukan seseorang untuk menjaga kesehatan diinya. Tetapi tekadang kita menjadi orang yang cenderung lebih mementingkan apa yang orang lain bicarakan tentang kita, daripada peduli pada diri kita sendiri. Kita mungkin tertarik dengan self caredan harus tahu perbedaan yang benar antara praktek yang tepat dan kurag tepat, salah satunya seperti menonton acara kesukaan, melakukan meditasi, memanjakan diri atau mempercantik dengan melakukan refleksi pijat, dll.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline