Lihat ke Halaman Asli

Tidurlah Selamat Malam

Diperbarui: 17 Juni 2015   18:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Tidur merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia. Mengapa? Dengan tidur berarti kita mengistirahatkan tubuh dan otak kita yang sudah kita gunakan untuk melakukan segala aktivitas yang tentunya melelahkan.Selain hal diatas tidur kita butuhkan karena tidur membuat diri kita menjadi lebih bugar untuk menjalani hari esok, menjaga kesehatan tubuh,  memperbaiki sel-sel  yang rusak, mencegah depresi, mempertahankan memori(tidak cepat lupa/pikun).

Tidur menjadi satu hal yang esensial dihidup kita, terlebih lagi bagi mereka yang bekerja lembur.  Bagaimana jika tidak bisa tidur? Jika anda tidak dapat tidur mungkin saja anda sudah terkena insomnia. Insomnia itu sendiri adalah suatu penyakit dimana korban mengalami susah tidur yang biasanya dapat disebabkan oleh banyaknya pikiran, berubahnya pola tidur karena suatu aktivitas, cara hidup yang tidak sehat dan lingkungan(berisik,silau). Biasanya orang yang mengalami insomnia menghadapai gejala seperti susah tidur, sering terbangun tiba-tiba, terdapat kantong mata dan emosional. Insomnia sangatlah tidak baik karena mengakibatkan tubuh serta mental anda terganggu , contohnya anda bisa kena penyakit jantung dan mudah depresi atau stress. Untuk mengatasi insomnia ada beberapa cara seperti mandi air hangat, hindari minuman keras(alcohol), jangan minum kopi(kafein)dan sebagainya. Jika anda masih susah untuk tidur, ada baiknya ada periksakan ke dokter.

Aktivitas setiap hari memang sangat banyak. Anda bebas beraktivitas namun, ingatlah tubuh anda membutuhkan istirahat. Tidurlah selama 6.5-8 jam , jangan lebih dan jangan kurang. Kurangnya tidur justru akan membuat peforma anda menurun dalam aktivitas yang anda jalani. Tidurlah, selamat malam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline