Lihat ke Halaman Asli

Dimas Ayu

Penulis lepas

Lakukan Ini Jika Ingin Menerapkan Frugal Living

Diperbarui: 5 Agustus 2023   19:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar:Pixabay.com/Rocka

Gaya hidup frugal living menjadi salah satu pilihan yang cukup menjanjikan untuk diterapkan.Pasalnya gaya hidup ini bisa membuat seseorang benar-benar mengetahui hal apa yang harus dipenuhi lebih dulu serta bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan.Lantas bagaimana cara menerapkan gaya hidup frugal living ini?

Rencanakan makanan

Meskipun terdengar sepele,namun nyatanya merencanakan makanan bisa memberikan dampak yang nyata,loh.Kamu bisa masak sendiri untuk mengurangi pengeluaran jajan di luar.Selain itu kita juga bisa membuat daftar makanan yang lebih sehat jika masak sendiri.

Catat keuangan

Mencatat keuangan juga merupakan salah satu hal yang paenting.Dengan begitu kita bisa mengetahui untuk apa saja uang yang keluar dan sebesar apa pemasukan.Hal ini bisa membuat kamu terhindar dari pengeluaran yang membengkak.

Prioritaskan kualitas

Memilih barang dengan kualitas yang baik bisa membuat barang tersebut bertahan lama sehingga bisa menekan untuk biaya pengeluaran.Jadi,penting banget untuk memilih dengan cermat,ya.

Nah,itu dia sederet tips yang bisa dilakukan untuk menerapkan gaya hidup frugal living.Secara sederhana frugal living mengajarkan untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan agar hal yang menjadi tujuan bisa tercapai.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline