Lihat ke Halaman Asli

Dimas Ayu

Penulis lepas

Perbedaan Protektif dan Posesif dalam Hubungan

Diperbarui: 26 Juli 2023   14:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Pixabay.com/summerstock

Dalam sebuah hubungan memberikan perhatian sudah menjadi hal yang wajar. Selain itu memberikan perhatian satu sama lain juga merupakan bentuk kasih sayang antara pasangan. Tapi, terkadang beberapa pasangan memberikan perhatian yang terlalu perhatian atau posesif bukannya protektif.

Lantas apa perbedaan antara posesif dan protektif ?

Dikutip dari berbagai sumber sikap yang protektif ialah sikap dimana pasangan kamu bisa melindungi kamu serta mengingatkan kamu untuk lebih hati-hati dalam melakukan sesuatu hal. Sedangkan posesif cenderung ingin memiliki kamu seutuhnya serta melarang kamu untuk melakukan suatu hal.

Mereka yang protektif mengerti tentang waktu yang dihabiskan bahkan mereka juga menginginkan kamu pergi bermain bersama teman-teman kamu. Sedangkan mereka yang posesif cenderung menginginkan semua waktu kamu hanya untuk pasangan kamu bukan untuk orang lain meskipun itu teman kamu.

Pasanganmu yang protektif memperbolehkan kamu berteman dengan lawan jenis karena ia tahu mereka hanyalah teman kamu. Sedangkan pasangan kamu yang posesif cenderung tidak memperbolehkan kamu berteman dengan lawan jenis dengan alasan tertentu.

Memiliki pasangan yang protektif memang memberikan rasa nyaman karena mereka masih bisa memberikan kita kebebasan untuk berteman dan bermain dengan orang lain. Namun, mereka yang punya pasangan posesif terkadang membuat rasa nyaman itu sedikit kurang karena mereka merasakan sedikit tekanan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline