Lihat ke Halaman Asli

Dimas Ayu

Penulis lepas

Perbedaan Tipis Antara Hemat dan Pelit

Diperbarui: 4 Juli 2023   20:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Pixabay.com/stevepb

Hemat dan pelit merupakan dua kata sifat yang memiliki perbedaan meskipun itu setipis tisu. Biasanya hemat dan pemit sangat identik dengan pengelolaan keuangan dan bagaimana uang tersebut dihabiskan. Beberapa orang terkadang menyamakan hemat dan pelit padahal keduanya berbeda. Lantas apa perbedaannya?

Menurut kamus besar bahasa Indonesia hemat merupakan tindakan berhati-hati dalam membelanjakan uang ataupun hal lainnya. Orang yang hemat juga cermat dalam mengelola keuangan untuk dirinya sendiri maupun orang terdekat mereka. Orang yang hemat lebih mementingkan kualitas agar tidak cepat rusak nantinya. Orang yang memilih hemat akan merencanakan semua pengeluarannya.

Sedangkan pelit menurut kamus besar bahasa Indonesia ialah orang yang tidak suka memberi sedekah atau kikir. Pelit kerap kali memperhitungkan berapapun uang yang keluar tanpa rencana sebelumnya. Orang yang pelit lebih memilih barang yang murah daripada memilih kualitasnya.

Perbedaan hemat dan pelit memang setipis tisu karena itu kita juga perlu bijak dalam memilih menjadi orang yang hemat atau pelit. Karena kedua hal tersebut akan sangat berpengaruh untuk kehidupan seha




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline