Persaingan di dalam perusahaan kini semakin ketat sehingga membuat karyawanpun harus terus menerus berfikir kreatif, berpengetahuan dan bukan hanya sekedar bekerja keras untuk dapat mampu bertahan di dalam persaingan yang begitu ketat, oleh karea itulah kenali 4 ciri ciri pekerja yang dianggap berpengetahuan oleh perusahaan.
1. Pekerja berpengetahuan sering memiliki otoritas untuk memutuskan pekerjaan mereka, prioritas dan pendekatan mereka terhadap pekerjaan mereka. Beberapa manajer, misalnya, akan mengambil risiko memberi tahu seorang ilmuwan yang berkualifikasi tinggi bagaimana melakukan proyek penelitian tertentu.
2. Mungkin sulit untuk mengukur hasil kerja pengetahuan. Misalnya, 'jumlah transaksi yang diselesaikan' mungkin merupakan ukuran kinerja yang sesuai untuk teller bank, tetapi 'jumlah baris kode yang ditulis' oleh pemrogram komputer bisa menjadi ukuran yang tidak berarti. Kemampuan untuk memecahkan masalah seringkali menjadi kunci utama untuk kinerja efektif dari pekerjaan pengetahuan.
3. Pekerja berpengetahuan biasanya bekerja dalam situasi di mana 'tingkat keluaran' mereka dipengaruhi oleh faktor-faktor yang mungkin tidak dapat mereka kendalikan, dan di mana pekerjaan mereka memengaruhi banyak orang lain di dalam dan di luar organisasi. Ini sangat berbeda dengan operator mesin yang pekerjaannya mengalir di sepanjang jalur dengan kecepatan yang telah ditentukan.
4. Pekerja berpengetahuan jarang beroperasi sendiri, tetapi perlu berinteraksi dengan orang lain untuk mencapai tujuan mereka.
Apakah kalian termasuk salah satu dalam 4 ciri ciri di atas? Jika tidak maka mulailah untuk mempelajari lebih dalam bagaimana bekerja dengan cerdas dan menajadi pekerja yang berpengetahuan agar dapat bertahan dalam persaingan ketat di dalam perusahaan
SALAM HANGAT
DIMAS ASTAGINA
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H