Mengapa logo dikatakan sebagai salah satu kedalam golongan identitas sebuah produk? Ya, jika kita melihat merek-merek sebuah produk maka kita akan menemukan logo produk tersebut. Hanya dengan melihat logo saja, tentu sudah menunjukkan bahwa logo termasuk suatu identitas bagi sebuah produk yang dapat membedakan suatu produk dengan produk lainnya, tapi disini kita akan menjelaskannya secara rinci mengapa logo ini sangat penting dalam sebuah bisnis.
Logo juga adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan sebuah informasi atau sebuah pesan dengan cara seefektif mungkin. Arti nya logo menggunakan ungkapan kreatif, komunikatif dan informatif, sehingga informasi atau pesan dapat mudah dipahami oleh masyarakat secara visual.
Sebuah logo dapat didefinisikan sebagai wajah perusahaan yang banyak digunakan oleh lembaga, organisasi atau perusahaan komersial. Logo dapat menggambarkan banyak makna dan pesan tersendiri bagi perusahaan atau orang lain. Maka dari itu logo merupakan elemen visual yang penting sehingga sebuah logo memiliki nilai-nilai dari sebuah perusahaan sehingga mudah diingat dan berkesan bagi pelanggan, oleh karena itu anda tentu akan membutuhkan logo yang dirancang agar berfungsi untuk mengkomunikasikan nilai-nilai dan filosofi tersebut ke dalam bentuk visual yang dapat mewakili personality perusahaan dari bisnis yang anda jalani.
Di setiap logo pasti memiliki makna dan tujuan dari perusahaan sehingga membuat perusahaan menjadi lebih professional dan dapat bisa menjadi inspirasi bagi perusahaan lain untuk membuat logo perusahaan yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Logo juga sangat berpengaruh dalam penjualan dibidang bisnis biasanya banyak orang yang tertarik untuk membeli produk kita karena ada sebuah logo yang sangat mewakili dari diri mereka. Maka dari itu sebuah logo dapat menarik banyak pengunjung hanya karena sebuah logo dikarenakan logo yang dibuat sangat unik dan menarik sehingga perusahaan dapat membuat program marketing dan branding agar semakin dikenal masyarakat.
Ada beberapa perusahaan baru yang tidak memiliki desain logo dikarenakan biaya yang mahal sehingga perusahaannya tidak berkembang padahal itu bisa memperlihatkan kualitas dan jasa yang dijual dan juga ada beberapa perusahaan yang memiliki logo namun tidak ditanamkan filosofi dan makna dari perusahaan tersebut sehingga logo tersebut hanya sebuah formalitas saja padahal filosofi dan makna perusahaan sangat bagus apabila di jadikan logo karena vis misi perusahaan sudah tercantum dalam logo tersebut.
Dengan demikian penggunaan logo dalam bisnis adalah upaya untuk membuat bisnis anda memiliki elemen visual yang merepresentasi dari nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang menjadi identitas bisnis anda. Penggunaan logo dalam bisnis juga memainkan peran penting dalam program marketing, branding hingga corporate identity. Logo bisa diibaratkan sebagai suatu pengakuan dari sebuah merek usaha anda. Logo berkualitas mampu menarik minat masyarakat untuk lebih cepat dalam mengakui sebuah jasa atau produk dari bisnis yang anda jalankan sehingga merek atau brand yang sudah populer biasanya sudah memiliki kualitas atau jasa yang sudah berkualitas dan terpercaya. Logo juga bisa bisa meningkatkan kualitas apabila logo tersebut mempunyai arti dan makna yang mendalam sehingga apabila anda membuat sebuah logo harus dibuat dengan sungguh sungguh karena logo adalah identitas dari sebuah bisnis.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H