Lihat ke Halaman Asli

Dimas Abdillah

Mahasiswa Departemen Biologi Universitas Negeri Malang

Kelompok Mahasiswa Universitas Negeri Malang Kenalkan Plastik Film Wrap Biodegradable Berbahan Dasar Rumput Laut

Diperbarui: 19 Juni 2024   22:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri zecowrap

Lima mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yakni Ulfa Nur Azizah, Annisa Nuraini Hafida, Aviva Dwi Lestari, Dimas Abdillah, dan Putri Rizky Febrianti dibawah bimbingan Bapak Hafizh Prihtiadi S.Si, M.Si. menciptakan plastik film wrap dengan bahan organik rumput laut berjenis (Eucheuma cottoni) dengan nama Produk Zecowrap. 

Zecowrap memiliki beberapa kelebihan atau keunggulan dalam 1 produk. Keunggulan ini yang menjadikan zecowrap mampu bersaing dalam pasaran. Keunggulan pertama adalah kemampuan terdegradasi atau terurai secara alami dalam waktu yang singkat, kemudian memiliki sifat antibakteri yang dapat menambah masa simpan bahan makanan dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri dalam bahan makanan, keunggulan selanjutnya yaitu kandungan utama rumput laut yang dapat menyuburkan tanah setelah terurai.

CEO zecowrap, Ulfa Nur Azizah menjelaskan bahwa saat ini kebutuhan akan plastik sekali pakai seperti plastik wrap akan di proyeksikan terus melonjakmelonjak. Karena Tren kebiasaan modern ibu rumah tangga, yaitu food preparation, yang mendorong peningkatan penggunaan cling wrap. 

Zecowrap menyasar masyarakat Malang yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan seperti komunitas green life style. Zecowrap juga melakukan publikasi pada ke seluruh Indonesia melalui akun media sosial seperti instagram, facebook dan juga marketplace mulai dari shopee dan tokopedia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline