Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa PPG Prajabatan UAD, Melaksanakan Workshop Gerakan Anti Bullying di Panti Asuhan Al-Idris

Diperbarui: 11 September 2023   19:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pada hari Minggu, 04 Juli 2023 tujuh mahasiswa yang merupakan kelompok 4 dari mata kuliah Proyek Kepemimpinan Program Studi Pendidikan Profesi Guru, bidang Bimbingan dan Konseling, Universitas Ahmad Dahlan menyelenggarakan kegiatan workshop gerakan anti bullying sebagai upaya preventif perilaku bullying di panti asuhan.

Sasaran kegiatan adalah anak-anak panti asuhan Al Idris yang beralamat di Jl. Nogotirto, Karang Wetan, Nogotirto, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55592, Indonesia. Kegiatan dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB sampai selesai di aula panti asuhan Al Idris. 

Kegiatan yang dilakukan ketujuh mahasiswa yaitu Annisa Nanda Pradani, Dimas Eka Perdana, Eka Anggrayni, Khoirunnisha, M. Afeb Munajib, Mahmudi Fajar, dan Masykuri Imam M. bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran remaja di panti asuhan tentang bullying sehingga tercipta lingkungan panti asuhan yang nyaman dan aman untuk tumbuh kembang remaja. Kegiatan ini diikuti oleh 30 anak-anak panti asuhan Al Idris, dan dihadiri oleh dosen Pengampu mata kuliah Proyek Kepemimpinan II Dr. Muya Barida, M.Pd.

Kegiatan dimulai dengan registrasi dan pelaksanaan pre-test, sambutan dari pihak panti asuhan yaitu Bapak Awaluddin Kiraman selaku Ketua Harian Panti Asuhan Al-Idris, sambutan dosen Pengampu mata kuliah Proyek Kepemimpinan II Dr. Muya Barida, M.Pd. kemudian memasuki acara inti yaitu pemaparan materi dengan presentasi Power Point, menonton video, diskusi kelompok, presentasi kelompok, dan refleksi kegiatan. Kegiatan diakhiri dengan membuat komitmen bersama gerakan anti bullying dan dokumentasi foto bersama.

Kegiatan workshop berjalan dengan lancar terbukti dari antusiasme yang tinggi dari peserta, peserta juga aktif mengikuti kegiatan. Setelah kegiatan workshop juga dilakukan dengan mengisi angket post test. Dan dari hasil analisis data pre test dan post test dapat ditarik kesimpulan bahwa data dari post test rata-rata peserta meningkat hasilnya dibandingkan dengan data pre test. Hasil kegiatan ini pula akan dibuat menjadi prosiding.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline