Lihat ke Halaman Asli

Inilah Mengapa Covid-19 Melonjak Pesat

Diperbarui: 21 Desember 2023   18:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jakarta -- Masyarakat sedang di hebohkan akan melonjaknya Kasus Covid-19 yang tercatat dalam beberapa pekan terakhir ini. Berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI (Dinkes) tercatat 80 kasus Covid-19 pada periode 27 November 2023 sampai 3 Desember 2023.

Dinkes DKI Jakarta menyebutkan bahwa beberapa faktor yang menjadikan pelonjakan kasus Covid-19 di Jakarta belakangan ini.

"Kenapa Covid-19 meningkat padahal prokes dan mobilitas relatif statis? ada 3 hal dominan," ujar Kepala Seksi (Kasi) Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI Jakarta Ngabila Salama saat dikonfirmasi, Jumat (15/12/2023).

Ngabila menjelaskan, unsur pertama yang menimbulkan peningkatan kasus Covid-19 di Jakarta, yaitu pergantian iklim yang menyebabkan menurunnya kekebalan tubuh pada masyarakat,karena terjadi kelembapan saat pergantian cuaca sehingga virus makin pesat masuk ke dalam tubuh.

Peningkatan kasus Covid-19 diduga disebabkan oleh varian baru yaitu EG 2 dan EG 5 yang mengakibatkan penularan lebih gesit dan meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi. 

Menurut keterangan di atas, Covid-19 varian EG gampang menular namun tidak berdampak fatal. Jika terjadi kematian karena varian ini, umumnya disebabkan akibat kondisi yang sudah ada lebih dahulu sebelum tertular Covid-19.                 

Masyarakat diimbau untuk mengutamakan pencegahan, yakni meningkatkan dosis booster vaksin untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap Covid-19. Selain itu , orang-orang beresiko tinggi seperti komorbid, lansia, dan mereka yang sering bepergian ke luar negeri dihimbau untuk melakukan booster vaksin Covid-19.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline